Tips Cerdas untuk Ibu Hamil dan Pasangan yang Baru Punya Anak

Biasanya, para orang tua yg menunggu kelahiran anak pertama mereka sering disibukkan dgn menyiapkan pengeluaran–pengeluaran. Pengeluaran–pengeluaran séperti baju bayi, aksesoris, dekorasi kamar anak – anak, dan kamar mandi bayi.

Kemudian dalam waktu singkat, semua perasaan excited tersebut tiba – tiba memudar ketika sang bayi mulai menendang dan waktu kelahiran mulai tinggal beberapa jam lagi.

Baru saat itulah orangtua menyadari, dimana sebetulnya pengeluaran ekstra yang seharusnya dipersiapkan untuk kelahiran bayinya.

Biaya perawatan ibu hamil, biaya kelahiran di rumah sakit, biaya kesehatan anak, biaya makanan dan belum lagi jika ternyata anak tersebut lahir secara prematur, maka harus membutuhkan inkubator yang tidak murah biaya perharinya.

Biaya – biaya tersebut adalah biaya tambahan diluar baju, susu, mainan dan pendidikan untuk sang anak tersebut.

Mungkin kamu tahu, daftarnya akan menjadi amat sangat panjang, dan terkesan seperti monster yang akan menyedot semua kesenangan kalian bahkan sebelum bayi kalian lahir, namun demikian, kita bisa ikuti tips financial planning berikut ini yg akan meringankan biaya perjalanan hidup kalian.

Dua tips pertama diberikan oleh @dompetsehat sebuah Online Personal Finance Provider Indonesia melalui twitnya #TipsSiDompet pada Juni 2012.

1. Perencanaan keuangan yg berkaitan dgn biaya perawatan ibu hamil

Begitu tes kehamilan dilakukan dan ternyata hasilnya positif, daftar pengeluaran seperti medical checkup, ultrasounds, biaya gynecoogist, suplemen dan nutrisi dll, akan segera mengantri untuk kalian.

Beban biaya yang menggunung tersebut akan dapat dikurangi dengan mengambil polis asuransi kesehatan secepatnya setelah kalian menikah, atau ketika kalian mulai berencana memiliki bayi.

Pada umumnya, perusahaan asuransi akan membayar mayoritas biaya – biaya tersebut, sedangkan pemegang polis cukup membayar biaya minimum nya saja. Namun sebelumnya, pastikan dulu bahwa perusahaan asuransi yang kalian pilih mencantumkan pertanggungan biaya – biaya perawatan tersebut dalam klausul polisnya. Langkah ini akan menolong kalian menghemat uang sangat banyak.

2. Belanja Persiapan Bayi

Belanja yang satu ini cukup banyak dan tidak sedikit merogoh isi dompet. Memang terasa sangat menyenangkan untuk berbelanja baju bayi, stroller, boks bayo, aksesoris, dll.

Bahkan mungkin ada diantara kalian yang sampai benar – benar merombak kamar khusus untuk bayi kalian. Walaupun kelihatannya sangat menyenangkan, namun bayi tersebut akan dengan cepat tumbuh menjadi besar dan semua baju dan peralatan tersebut akan segera tidak cukup lagi, sehingga mengharuskan kalian untuk membeli yang baru lagi.

Para dokter merekomendasikan pasiennya untuk menggunakan baju bayi yang lembut dan tidak kaku alias kalian bisa pakai baju bayi yang sudah dipakai

Karena itu, kalian bisa meminjam pakaian– akaian, boks, stroller dll ke teman kalian yang sudah pernah punya bayi. Barangkali malah mungkin teman kalian akan berbaik hati dan memberikannya sebagai hadiah.

Selain itu, Beberapa Tips Yang Tak Kalah Penting dari @CerdasKeuangan adalah sebagai berikut :

1. Tips Pada Saat Ibu Hamil

A. Free your mind

Ibu hamil yang cerdas senantiasa merawat pikirannya dan membiarkan dirinya bebas memikirkan mimpi yang indah-indah.

Ibu hamil yang cerdas percaya bahwa di dalam fikiran yang positif mengundang rejeki yang melimpah dan kesehatan yang prima.

B. Enjoy the process

Kehamilan itu sebuah proses dan Ibu hamil yang cerdas pasti akan menikmati proses kehamilan karena selain kehamilan itu sebuah anugerah juga hanya terjadi beberapa kali seumur hidup.

Salah satu cara untuk menikmati masa kehamilan adalah dengan ikut komunitas ibu hamil. Bertemu dan berbagi cerita dengan sesama ibu hamil adalah hal yang sangat menyenangkan.

C. Makan berkualitas dan bernutrisi

Ibu cerdas Selalu memastikan makanan yang anda makan memenuhi standar kualitas dan nutrisi. Makanan yang baik tidak selalu berasal dari makanan mahal. Jika memang ibu hamil ngidam makan di restoran, sesekali manfaatkan fasilitas diskon kartu kredit. Ingat selalu untuk membayar penuh tagihannya sebelum jatuh tempo.

D. Rajin membaca dan bertanya

Jika ini adalah kehamilan anda yang pertama, wajib mennyempatkan diri untuk membaca buku seputar kehamilan, browse internet dan bertanya kepada orangtua, kerabat, sahabat yang sudah mengalaminya.

E. Dengarkan musik dan olahraga ala ibu hamil

Mendengarkan musik akan menjaga mood tetap seimbang. Olahraga akan membuat tubuh semakin segar. Renang adalah olahraga yang amat sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

F. Tetap hemat walau hamil
Hamil, bukan berarti harus boros, ingat bahwa anggaran untuk kehamilan sebaiknya menempati porsi cukup (kira2 10% anggaran keluarga) pikirkan juga dana untuk melahirkan, keperluan anak – ibu – ayah dan pengeluaran rutin bulanan.

2. Tips Pada Saat Ibu Melahirkan

A. Siapkan biaya persalinan

Apakah persalinan Anda ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan atau asuransi kesehatan atau pribadi?

Besarnya biaya persalinan tergantung pada pemilihan tempat bersalin berikut fasilitasnya.

Perkiraan biaya persalinan untuk pasien rumah sakit terbaik di Jakarta tahun 2012 berkisar antara 10juta – 20juta.

Perkiraan biaya persalinan untuk pasien klinik kebidanan di Jakarta tahun 2012 berkisar antara 3juta-6juta.

B. Utamakan memberi ASI

Air Susu Ibu adalah nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir sampai usia 1th – 2th. ASI tersebut pasti bermanfaat dan merupakan investasi kesehatan jangka panjang karena ASI meningkatkan daya tahan tubuh bayi, dan kualitas otak bayi.

3. Pada saat Merawat Bayi

A. Perlu kesabaran ekstra, kesehatan prima dan dukungan keluarga.

B. Apakah setelah 3 bulan ibu kembali bekerja atau stay di rumah sd usia anak 2 th?

C. Mulai menggunakan Program Asuransi Jiwa
dengan Anak sebagai penerima manfaat.

D. Perhatikan dan buat rencana keperluan anak seefisien mungkin.

Advertisements