Cerdas Pangkal Sejahtera

Hemat pangkal kaya, era sekarang sudah tidak jaman. Untuk mencapai keberhasilan finansial kita perlu cerdas. Cerdas financial pangkal kaya, itu jawaban pasti.

Keberhasilan finansial seseorang tidak dapat ditentukan pada seberapa hematnya dia. Keberhasilan finansial seseorang ditentukan pada ketepatan dia menyusun portfolio investasi.

Portfolio investasi ibarat takaran dosis yang tepat bagi dana dana investasi Anda. Dalam portfolio investasi Anda melakukan diversifikasi dana kepada jenis jenis investasi yg berbeda.

Ada jargon dlm melakukan portfolio investasi : “Don’t put your eggs only in one basket.” Jargon ini mengandung makna bahwa lebih baik untuk investor melakukan diversifikasi investasi, jangan menaruh dana investasi anda hanya pada satu alat investasi.

Jargon ini demikian dikenalnya sehingga investor yang cerdas pasti meletakkan telur telurnya pada beberapa keranjang yang berbeda.

Bayangkan karpet panjang dan dana investasi Anda ada di atas karpet panjang itu, karena alasan tertentu karpet itu ditarik, apa yang terjadi dengan dana investasi Anda yang ada diatasnya?

Ya, semuanya akan jatuh.

Jadi, jika Anda mempunyai banyak asset atau dana dan Anda ingin menginvestasikannya, ada baiknya Anda sebarkan (diversifikasikan)dana atau asset Anda pada pundi investasi yang berbeda.

Investor cerdas yang bagaimana yang melakukan investasi terbaik?

Investor cerdas melakukan diversifikasi investasi dengan baik : mereka membagi porsi investasi mereka ke dalam asset kertas (saham), asset bisnis (usaha), dan aset riil (properti atau Logam Mulia).

Investor yang cerdas juga pasti memberikan porsi yang pas untuk uang cash sebagai alat pembayaran tunai atau biaya tak terduga.

Lakukan diversifikasi pada asset kertas: saham, reksadana, deposito, bisnis : usaha sendiri dan asset riil : seperti emas dan properti.

Jika Anda sudah meperoleh keberhasilan finansial, Anda tidak perlu susah payah berhemat, karena Anda dapat membiayai diri sendiri dengan gaya yang Anda inginkan.

Keberhasilan finansial, ini yang banyak diinginkan setiap orang.

Salam. Cerdas.

(•ˇ⌣ˇ•)♉

Advertisements