Reksadana, Tanya Jawab Seputar Investasi Reksadana

Topik Reksadana sangat diminati untuk dibaca, kali ini Tim Cerdas Keuangan berusaha untuk merangkum semua ulasan tentang Reksadana menurut para Financial Planner kita. Ada QnA ttg Reksadana dari #FinClic nya @mrshananto dan ulasan beberapa FinPlan lain.

Mari dibaca harapan kami semoga kita dapat semakin Cerdas Mengelola Keuangan

Apa dan Bagaimana Investasi di Reksadana
By Ligwina Hananto @mrshananto

Reksadana adalah wadah untuk investasi kolektif. Paling mudah diakses oleh investor pemula asalkan mengerti.

Reksadana berbeda dengan Unitlink.

Unitlink itu gabungan Asuransi dengan Unit Investasi. Jadi, unit investasinya yang mirip Reksadana.

Sebelum investasi, baiknya bikin dulu Plannya! Tentukan dulu Tujuan Finansialnya. Supaya gak nyasar di tengah jalan.

Reksadana mulai ada sejak 1995 sebagai Wadah untuk investasi secara kolektif dengan penempatan dana di Pasar Uang, Pasar Obligasi dan Pasar Saham.

Pasar Uang » pada dasarnya berisi semua yang sangat likuid seperti tabungan, deposito dan forex serta Promissory Notes / Commercial Paper.

Kalo kita mau taro uang di Pasar Uang, paling2 Tabungan / Deposito dengan bunga standar. Tapi, masuk ke Reksadana Pasar Uang, akses kita lebih lebar.

Pasar Obligasi » surat utang. Jadi isinya mulai dari ORI, Sukuk, SUN sampai obligasi korporasi. Biasanya jangka waktunya lebih panjang >3th.

Apakah kita mau taro uang di Pasar Obligasi? Terbatas untuk ritel di Ori dan Sukuk. Kalo masuk SUN / obligasi lain pecahannya harus besar2.

Begitu juga dengan Pasar Saham » isinya saham perusahaan2 terbuka terdaftar di BEI. Kalo kita cuma punya 100rb mah gak dapet apa2.

Jadi Reksadana memberikan investor perseorangan ritel dengan nominal kecil (mulai Rp100rb) akses ke Pasar Uang, Obligasi, Saham.

Unit investasi di Unitlink juga sama, masuknya ke Pasar Uang, Obligasi, Saham » gentongnya sama dengan Reksadana, tapi dengan biaya lebih tinggi.

Pihak2 terlibat Reksadana : Masyarakat/kita sebagai investor, Manajer Investasi sebagai pengelola, Bank Kustodian yg simpan, Bapepam sebagai Lembaga pengawas.

Manajer Investasi (MI) dan Bank Kustodian (BK) membentuk Reksadana (RD) dg akta Kontrak Investasi Kolektif (KIK) » ini adalah dasar hukum Reksadana.

Kontrak Investasi Kolektif ini mirip dg AD-ART badan hukum : yang menjelaskan tanggung jawab, kewajiban dan hak semua pihak di dalamnya » kemudian dicantumkan lagi ke dalam Prospektus.

Prospektus menjelaskan dengan rinci : alokasi % ke mana (pasar uang, obligasi, saham), jenis2 yg dipakai, sampai batasan transaksi.

NAB: Nilai Aktiva Bersih » kalo di PT ini nilai perusahaannya. NAB/Unit » harga unit penyertaan yang kita pegang. Info dipublish harian.

NAB/unit ini menunjukkan perubahan nilai Reksadana sejak diterbitkan. Jadi bukan mahal atau murah, tapi seperti apa pertumbuhannya.

Jenis Reksadana yang paling umum dipakai : RD Pasar Uang, RD Pendapatan Tetap, RD Campuran & RD Saham. Juga Masih ada lainnya.

Reksadana punya rekening di Bank Kustodian (BK). Jadi waktu kita “beli” Reksadana, uang kita ditransfer ke Bank Kustodiam untuk disertakan dalam penempatan investasi.

Di Bank Kustodian, nama kita yang tercatat sebagai pemilik “unit penyertaan” = kepingan Reksadana yang jadi milik kita. Di Unitlink biasanya gak begitu.

Beli Reksadana langsung ke Manajer Investasi atau melalui agen penjual » contohnya lewat Bank. Sama aja cuma beda channel.

Apapun pilihan produknya, investor harus mengerti dulu cara kerjanya, dan siap ketemu risiko+return nya.

QnA ttg Reksadana dari #FinClic nya Ligwina Hananto @mrshananto

Pertanyaan 1 :

@NovieHidayat : Saya membeli 2 Reksadana yang masing-masingnya untuk Dana Darurat dan Dana Pendidikan. Apakah uang yang disetor hanya diendapkan atau diolah Manajer Investasi ?

Jawab 1 :

a) Dana disetorkan ke Reksadana akan masuk ke dalam “fund” dan bergabung dengan uang yang sudah terkumpul. Alokasi penempatannya tergantung dengan apa yang telah dijelaskan dalam Prospektus.

b) Dalam setiap Reksadana pasti ada “dana diendapkan” » maksudnya setara cash. Jadi jika ada yang mencairkan, dana nya pasti tersedia.

c) yang dimaksud dengan Dana setara cash dalam Reksadana adalah = sekian % dari Asset Under Management. Maka semakin besar Asset Under Management nya maka akan semakin kokoh, jika banyak investor yang ingin mencairkan reksadananya menjadi mudah.

Pertanyaan 2:

@spency_chuchu : Berapa lama sekali idealnya investasi Reksadana dievaluasi? Jika saham terbesar dalam Reksadana tiba-tiba bermasalah, apakah boleh melakukan cut loss?

Jawab 2 :

a) Daftar Rekomendasi Reksadana @QM_Financial dikaji setiap tahun dengan pertimbangan: MI, return, sharpe ratio dll

b) Klien memilih dari Daftar Rekomendasi » diperiksa dalam Review (3bln sekali, 6bln sekali atau 1thn sekali).

c) Komposisi Reksadana dapat dilihat, infonya ada kok tinggal cek aja di …. Reksadana yang gak perform mau ditutup boleh, ganti baru juga bisa.

d) tapi untuk “cutloss” tutup Reksadana ini juga harus cek. Ganti Reksadana biasa dilakukan kalo yang lain bagus, Reksadana itu jelek sendiri.

Pertanyaan 3 :

@WahyuRony: bener gak kalo memilih Reksadana mending yang NAB nya udah tinggi? Karena sudah lebih mumpuni dan jelas performing nya?

Jawab 3 :

a) yes and no.
Reksadana yang NAB nya sudah tinggi memang punya historical bagus tapi kan historical data tidak menjamin performance masa depan.

b) juga misleading kalo bilang beli Reksadana “murah” di 1.000 aja, jangan yang sudah 10.000.

Sebetulnya lihat growth NAB/unit, bukan hanya NAB/unitnya.

c) jadi selain melihat NAB/unit, lihat juga pertumbuhannya. Di @QM_Financial misalnya, dilihat growth 3-5thn terakhir.

Pertanyaan 4 :

@anindya_p: Dalam kondisi market seperti sekarang baiknya pilih Reksadana jenis apa? Apa masih oke untuk beli Reksadana equity secara bertahap?

Jawab 4:

a) punya pilihan lain?

Untuk Tujuan jangka panjang >15 tahun Reksadana Saham masih jadi pilhan utama. Karena bisa dengan setoran kecil, return spread di jangka panjang.

b) pertanyaannya dibalik.

Kalau gak diinvestasikan di Reksadana Saham, uang tersebut jadi apa?

Jadi pulsa, member fitness, makan2 & sepatu!

Pertanyaan 5:

@aisyah_nk: kalo punya Reksadana, tiap bulannya harus nyetor ya? Dan dengan nilai setoran yg sama ya?

Jawab 5:

a) Reksadana ini seperti rekening. Atas nama kita. Mau setor tiap hari, cairkan tiap hari suka2 kita (kec. Jenis Terproteksi)

b) dalam financial plan, salah satu strategi yang sering dipakai adalah : setoran tetap setiap bulan » jadi rekomendasi cara ini untuk investor terutama yang pemula.

Pertanyaan 6 :

@frieska: bukti kepemilikan Reksadana itu apa ya? Kadang saya gak terima laporan bulanan dari MI tertentu. Apakah itu tidak apa2?

Jawab 6:

a) bukti kepemilikan Reksadana » berupa surat dari Bank Kustodian dengan kop surat MI di bagian atas. Ini menyatakan jumlah unit yang kita miliki.

b) kalo beli lewat Bank sebagai Agen Penjual, ada juga yang kirim consolidated report. Juga memuat jumlah unit yang kita miliki dari setiap Reksadana.

c) asalkan ada “nomor rekening” atas nama kita, kita bisa cek unit penyertaan ke Bank/MI. Tiap tahun harusnya ada summary.

Pertanyaan 7 :

@lidaufa: kalau mau jangka pendek 2-3 th RD apa sebaiknya?

Jawab 7 :

biasanya untuk <5thn : Tabungan / Deposito / RD Pasar Uang saja

Pertanyaan 8 :

@hi_prima: berapa tahun jangka waktu minimal investasi untuk beberapa jenis Reksadana masing-masing : Reksadana Saham, Reksadana Campuran, Reksadana Pendapatan Tetap?

Jawab 8 :

Ini yang sering jadi guideline ya (bukan rekomendasi)

15thn Reksadana Saham

Pertanyaan 9 :

@clerissadianepo: Bagaimana cara menghitung return Reksadana?

Jika Reksadana Pasar Uang kok selalu 1rb, cara hitungnya?

Jawab 9 :

a) gak usah repot, untuk melihat return Reksadana lihat saja di Fund Fact Sheet tiap MI biasanya pasang di web mereka. Atau info di koran2 bisnis.

b) di @QM_Financial menghitung return pakai cara Internal Rate of Return tapi Ribet ya neranginnya di twitter.

*Coba baca caranya disini :
http://portalreksadana.com/node/347

c) biar simple aja, beli Reksadana dengan NAB/unit X, 1 bulan kemudian NAB/unit sudah berubah.

Nah perbedaannya itu » growth bisa (+) atau (-)

d) kalo Reksadana Pasar Uang NAB/unit selalu 1.000. Karena unit penyertaannya yang tumbuh. Makanya cobain dulu supaya bukan cuma dibayangin 😉

Pertanyaan 10 :

@yanuar_indah: cara baca hasil investasinya gimana ya dari tabel ini? »@korantempo: NAB RDS (18/6/2012): Tabel di
http://m.tempo.co/2012/06/18/411402/

Jawab :

a) untuk pilih Reksadanagak bisa hanya liat Tabel tadi. Keliatan kan Reksadana banyak yang minus. Yang plus pun belum tentu bisa masuk daftar.

b) jadi lihat pertumbuhan 3-5thn ke belakang. Karena ini menunjukkan pola. Walaupun tidak menjamin hasil ke depan. Cara ini dipraktekkan 9thn.

c) cara baca Tabel: nama Manajer Investasi, NAB/unit per hari ini, return berdasarkan periode tertera. Lihat yang 1tahun VS Riil.

d) return 1 tahun itu kelihatan hasil 1 tahun ke belakang juga kelihatan kalau disetahunkan. Supaya bisa dibandingkan misalnya dengan bunga Deposito

e) liat Tabel tadi memang bikin. 1 tahun ada yang minus 2% dan pasti gatel pengen cairin / berhenti dulu investasinya

f) maka lihat juga 3-5 tahun terakhir, Karena kondisi 1 tahun terakhir saja tidak bisa jadi patokan untuk memilih Reksadana.

g) cost averaging = investasi berkala kecil tanpa putus » justru akan bagus hasilnya kalau terus dilakukan saat return sedang turun.

h) menurut gw ya, return 1thn terakhir hanya bisa dibanding kalau memang pasar sedang bullish atau bearish sekalian.

i) Choosing Reksadana : Manajer Investasi, Asset Under Management, Perhitungan Metode Sharpe.

Understand your need to invest.

Invest the amount you can lose anyway.

END

——

Advertisements

5 Comments

  1. riddle says:

    Nanya….dari dana yg qta tanam d reksa dana….apakah qta dpt deviden? Jika y….maka d trima tiap brp lama? Jk tidak….b’arti k’untungan dri reksa dana hanya d peroleh dri selisih harga beli – harga jual sja? Thx

    1. HAllo Reksadana tidak ada dividen, yg ada saham. Nah Reksadana Saham juga tidak ada dividennya karena dividen hanya dibagikan oleh perusahaan yg menjual sahamnya di bursa kepada pemilik saham perusahan ybs.

  2. andy rach says:

    Sya mo tanya,. Tmn saya mengajak sya tuk menanam saham.. Modal awal 10jt. Kemudian stiap 2 minggu nanti keluar 2jt.. Kemudian stiap 3 bulan nnti modal 10 jt tu. Bs diambil lagi atau diteruskan atau ditambah lg.. Yg semac2m itu bagaimana ya..? Maaf karena sya msh awam tentang investasi.. Mohon jawabanya.. Terima kasih

    1. Saran KoCek kenali dulu risikonya secara mendalam sebelum memutuskan untuk invest.

Comments are closed.