Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan

Kesehatan adalah Investasi. Kesehatan laksana sebuah mahkota, yang mungkin tidak akan disadari jika seseorang tidak mengalami sakit.

Jika seseorang menyadari bahwa kesehatan merupakan investasi penting, maka ia pasti akan mencari dan memiliki anggaran untuk menyediakan layanan Kesehatan yang terbaik.

Saat sakit atau berobat, ada ongkos yang besar yang harus kita bayar, pertanyaannya adalah : sudahkah kita menyiapkan anggaran untuk membayarnya?

Anggaran yang disiapkan untuk Fasilitas Kesehatan pribadi atau keluarga biasanya terdiri dari Alokasi Pengeluaran Kesehatan pada Pengeluaran Bulanan, Dana Darurat, dan Asuransi Kesehatan.

Satu hal yang harus diperhatikan dalam menentukan anggaran kesehatan adalah kita harus memastikan bahwa Fasilitas Kesehatan yang kita punya memang sesuai dengan kebutuhan kita.

Pentingnya peran Asuransi Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan adalah untuk menjaga dana investasi yang ada supaya tidak tersedot kepada biaya pengobatan seandainya diri kita atau anggota keluarga jatuh sakit.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Saat ini, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mulai paham akan arti penting asuransi kesehatan.

Semakin banyak yang menyadari bahwa asuransi kesehatan adalah sebuah produk asuransi yang memberikan jaminan keamanan finansial kepada pihak pemegang asuransi kesehatan manakala yang bersangkutan mengalami gangguan kesehatan karena sakit atau kecelakaan.

Semua biaya yang terkait dengan kesehatan seperti biaya rumah sakit, biaya dokter, biaya obat, dan bahkan biaya operasi akan ditanggung perusahaan asuransi, dan disesuaikan dengan isi perjanjian yang tertera pada polis asuransi.

Umumnya, manfaat rawat jalan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi antara lain biaya konsultasi kesehatan baik dengan dokter umum maupun dokter spesialis, biaya obat yang sesuai dengan resep dokter, biaya atas tindakan pencegahan dan lain-lain.

Sedangkan untuk manfaat rawat inap, biaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya emergency service, serta termasuk biaya persalinan.

Untuk memperoleh semua manfaat asuransi kesehatan tersebut, tentunya kita harus membayar premi pada perusahaan asuransi yang menanggung kita.

Membayar premi asuransi kesehatan adalah tindakan preventif dan bijaksana yang kita bisa lakukan disaat sehat sebelum saat sakit datang.

Agar tidak memberatkan dan menjadi beban, membayar premi asuransi sangat dianjurkan dilakukan sejak jauh-jauh hari sedikit demi sedikit.

Jumlah premi yang wajib dibayarkan dan besarnya nilai pertanggungan dalam asuransi kesehatan tergantung kepada program asuransi kesehatan yang kita pilih.

Masing-masing perusahaan asuransi memiliki jenis program dan premi yang berbeda dengan rincian manfaat yang berbeda pula.

Tentu saja perusahaan asuransi akan membatasi limit biaya yang bisa digunakan per-tahun.

Asuransi kesehatan adalah payung kecil yang akan menjadi pelindung kita saat sakit di kemudian hari.

Langkah Cerdas Sebelum Memilih Produk Asuransi Kesehatan

Ada beberapa yang harus kita perhatikan dalam membeli dan menggunakan polis asuransi sehingga Anda dapat memaksimalkan manfaatnya.

1. Untuk Manfaat Rawat Inap perhatikan kisaran penggantian biaya kamar per hari sesuai dengan keinginan dan standar Rumah Sakit yang biasa kita tuju.

Hindari kemungkinan membeli asuransi kesehatan yang hanya mengganti setengah atau bahkan sepertiga biaya kamar per hari Anda.

2. Perhatian Sistematis Pembayaran Asuransi Kesehatan

Pada dasarnya, pembayaran Klaim Asuransi Kesehatan ada dua, yakni : Reimbursement dan Card System.

Reimbursement artinya : nasabah harus membayar terlebih dahulu biaya kesehatan mereka, baru setelah mengajukan klaim perusahaan asuransi akan menghitung dan mengganti biaya kesehatan sesuai kontrak asuransi dan ketentuan yang berlaku.

Card System artinya : nasabah tidak perlu membayar apapun, jika sakit cukup gunakan kartu asuransi & langsung tahu apa saja yang akan di-cover oleh Asuransi Kesehatannya.

3. Batas Klaim: ada Asuransi Kesehatan yang menggunakan batas per jenis rincian manfaat.

Misalnya : Maksimal kunjungan dokter Rp 350.000 per kunjungan dan Maksimal biaya obat Rp 1.000.000 per klaim per tahun

Pastikan manfaat perlindungan kesehatan apa saja yang kita perlukan. 

Misalnya yang kita perlukan adalah asuransi kesehatan yang memberikan manfaat rawat jalan karena selama 1 – 2 tahun belakangan ini kita banyak berobat ke dokter spesialis dan itu perlu biaya banyak.

Atau yang kita perlukan adalah asuransi kesehatan yang memberikan manfaat rawat inap dan penyakit kritis karena keduanya memerlukan biaya yang sangat besar dan jangka waktunya tidak bisa ditebak.

Cerdas Memilih Perusahaan Asuransi Kesehatan

1. Pilih Perusahaan Asuransi Kesehatan yang punya Kekuatan Keuangan yg kokoh, kaitannya dg kesanggupan perusahaan tunaikan kewajibannya.

2. Pilih Perusahaan Asuransi Kesehatan yang memberikan layanan terbaik pd nasabah pd saat menerbitkan polis atau pembayaran klaim.

Pemerintah telah menentukan tolok ukur kesehatan sebuah perusahaan asuransi melalui mekanisme Risk base Capital (RBC).

3. Pilih Perusahaan Asuransi Kesehatan yang punya Risk Base Capital tinggi. Semakin besar RBC semakin baik kondisi perush asuransi kesehatan tersebut.

Perhatikan manfaat Asuransi Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan terutama untuk manfaat Rawat Inap.

Cerdas Memilih Produk Asuransi Kesehatan

1. Pilih asuransi kesehatan murni. Jangan terkecoh dg produk Unit Link yang dikaitkan dengan Investasi.

Bedakan antara asuransi kesehatan murni dengan asuransi kesehatan unit link.

produk asuransi kesehtan unit link potongannya sangat mahal. Bila anda berniat investasi lebih baik menginvestasikan uang anda ke reksadana secara terpisah. Jangan kaitkan antara keduanya.

Kumpulkan semua keterangan dan informasi tentang produk asuransi yang kita perlukan, baik melalui brosur atau pun dari website resmi beberapa perusahaan asuransi.

Minta penjelasan secara lengkap pada agen asuransinya mengenai produk asuransi yang ditawarkan serta rincian alokasi biaya yang kita bayarkan itu untuk apa saja.

Namun anda jangan percaya begitu saja, sebab mereka sendiri belum tentu paham dengan apa yang ditawarkan.

2. Minta ilustrasi manfaat produk asuransi yang ditawarkan, premi yang harus di bayar serta alokasinya.

3. Pilih Asuransi Kesehatan yang memberikan manfaat paling besar dengan premi paling murah.

4. Pilih Asuransi Kesehatan dari perusahaan asuransi yang kredibel. Pertimbangkan bonafid dari perusahaan asuransi, jangan hanya berpegang pada penghargaan atau award dari sebuah majalah.

Reputasi sebuah perusahaan asuransi yang baik tidak mungkin dibangun dalam periode yang singkat.

5. Pelajari ulang isi perjanjian pada asuransi kesehatan yang telah disepakati, ada kesempatan 14 hari membatalkan atau melanjutkan polis.

Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang menghendaki dirinya atau keluarganya sakit.

Asuransi Kesehatan adalah tindakan antisipatif kita bila kemungkinan yang tidak dikehendaki musibah sakit datang menimpa.

Semoga tulisan tentang cara memilih perusahaan asuransi kesehatan ini dapat bermanfaat.

Advertisements