Cara Cerdas Berhemat di Bulan Puasa

Setiap tahun tanpa terasa umat muslim memasuki bulan Ramadhan atau bulan puasa. Biasanya banyak sekali godaan baik menjelang bulan puasa maupun menutup bulan ini. Swalayan dan mall menggelar great sale menjelang puasa dan bukan hanya keluarga muslin yang memanfaatkan momen akantetapi juga keluarga non muslim nya. Perlu cara gak sih supaya di bulan Ramadhan gak kebobolan?

Satu hal yang selalu harus dijaga adalah perilaku kita dalam berbelanja serta pintar menahan ‘nafsu’ belanja. Ketika kita dapat mendahulukan kebutuhan diatas keinginan, itu baru cerdas namanya.

gopego_google-street-view-liwa-desert_big

http://media.gopego.com

Siapkan jiwa dan raga

Segala sesuatu yang kita hadapi akan lebih baik jika ada persiapan. Jika sebelum Ramadhan semuanya sudah siap, waktu kita bisa lebih difokuskan untuk beribadah. Siapkan alokasi dana Ramadhan bukan hanya untuk bukan untuk membeli keperluan buka puasa atau hidangan lebaran tetapi juga untuk melipatgandakan sedekah atau infaq.

Pastikan kamu sudah lunasi utang

Bayar utang puasa tahun lalu dan membereskan kewajiban lain sehingga dapat menyambut Ramadhan dengan sukacita.

Berhematlah

Saat Ramadhan sebaiknya kamu tetap taat pada pos anggaran yang sudah dibuat.  Belanjakan anggaran sesuai dengan jumlah yang ditetapkan sebelumnya. Belanja untuk persiapan puasa, cobalah mencermati mana barang yang didiscount. Cobalah untuk bijak memilih barang discount yang berkualitas. Seharusnya di bulan Ramadhan belanja makanan lebih berkurang karena makan hanya dua kali dalam sehari, akan tetapi banyak keluarga yang malah lebih banyak belanja makanan di bulan puasa karena nafsu ini itu mau dimakan.

Benar-benar memahami hakekat puasa

Kalau sudah benar-benar memahami hakekat puasa yang menahan nafsu, bukan sekedar menahan lapar dan haus tentunya juga tidak akan menghambur-hamburkan budget belanja berlebihan di bulan Ramadhan. Puasa merupakan salah satu cara untuk men-detox tubuh, dan seharusnya juga menjadi satu cara untuk men-detox kondisi keuangan kamu.

“Mudahnya Menjadi Perencana Keuangan Sendiri. Gak Perlu Gelar apalagi Tenar,  yang penting Sabar.”

 

Advertisements

2 Comments

  1. ranii says:

    wah terima kasih tips2nya, kecee banget.. bisa dicobaa nih, biar anggaran ngga bengkak saat ramadhan 🙂

Comments are closed.