Manfaat Asuransi Kebakaran

Kebakaran di DKI mengalami kenaikan dari 33 kasus menjadi 53 kasus. Penyebab kebakaran mayoritas akibat hubungan arus pendek (korsleting) listrik dan tabung gas meledak. Hal ini menunjukkan cukup tingginya risiko terjadi kebakaran yg menimpa tempat tinggal.

Sudahkah Anda berfikir untuk melakukan proteksi terhadap aset properti Anda?

Ada beberapa hal yg harus diketahui sebelum Anda memutuskan untuk membuat atau tidak suatu Asuransi Kebakaran.

1. Asuransi Kebakaran adalah asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan harta/benda akibat kebakaran dan/atau penyebab lainnya yang dijamin dalam polis.

2. Perusahaan asuransi di Indonesia pada umumnya dalam hal asuransi kebakaran mengacu pada Polis Standar Kebakaran Indonesia.

3. Risiko-risiko yang dijamin dalam Polis Standar Kebakaran Indonesia antara lain :

A. Kebakaran
B. Petir
C. Ledakan karena tekanan uap, gas, kimia
D. Kejatuhan pesawat terbang atau benda yang terjatuh dari pesawat terbang
E. Asap yang berasal dari kebakaran harta/benda yang dipertanggungkan dalam polis

4. Jaminan perluasan dengan tambahan premi yang umumnya disediakan oleh perusahaan-perusahaan asuransi untuk melengkapi Polis Standar Kebakaran Indonesia antara lain :

A. Kerusuhan, Pemogokan, Kerugian akibat perbuatan jahat serta benturan kendaraan sesuai dengan versi Dewan Asuransi Indonesia
B. Huru Hara
C. Gempa Bumi, Kebakaran atau Ledakan akibat Gempa Bumi, Letusan gunung berapi,
D. Tsunami
E. Angin Topan, Badai, Banjir dan Kerusakan karena air
F. Biaya pembersihan Tanah Longsor

5. Property All Risk Menjamin kerugian fisik terhadap harta benda tertanggung terhadap kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan secara tiba-tiba yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya, dengan beberapa pengecualian umum :

A. Perang, invasi, perang melawan musuh, kerusuhan, pemogokan, pergolakan sipil, revolusi, teroris, sabotase dan sejenisnya.
B. Radiasi dan Kontaminasi Nuklir
C. Ledakan nuklir radioaktif beracun
D. Kelalaian atau kesengajaan
E. Penghentian pekerjaan baik seluruhnya atau sebagian

6. Jenis jaminan dalam sebuah polis asuransi Property All Risk terdiri dari 2 seksi sebagai berikut :

Seksi 1 : Kerugian Harta benda
Seksi 2 : Kehilangan keuntungan

Keuntungan Membuat Asuransi Kerugian atas Properti, adalah :

1. MemberIkan ketenangan atau rasa aman (peace of mind)

Bagi individu, keluarga maupun kegiatan usaha, adanya proteksi asuransi, untuk menghadapi risiko yang penuh ketidakpastian, dapat memberikan ketenangan batin dan meningkatkan rasa percaya diri (confidence)

Jika seandainya peristiwanya benar-benar terjadi dan mengalami kerugian, setidak-tidaknya penggantian dari asuransi akan memberikan recovery

Bahkan dalam kegiatan usaha dapat menjaga kelangsungan usaha yang bersangkutan (stimulus to business enterprise).

2. Manfaat asuransi dalam pengendalian kerugian (loss control)

Sebelum melakukan akseptasi pihak asuransi seringkali melakukan survey lapangan dan memberikan rekomendasi kepada tertanggung/nasabah untuk menyelenggarakan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan kerugian.

Rekomendasi tersebut bisa menjadi persyaratan-persyaratan sebelum akseptasi yang tercantum dalam polis asuransi sebagai suatu ketentuan (provision) agar tertanggung selalu melakukan upaya-upaya tersebut.

Rekomendasi asuransi pada tingkat yang lebih luas bisa menjadi sistem bagi masyarakat untuk melakukan upaya pre loss control maupun post loss control.

3. Manfaat Sosial Asuransi

Apabila tertanggung, masyarakat pengguna jasa asuransi mengalami kerugian akibat peristiwa yang tidak terduga yang berada dalam lingkup jaminan asuransi, maka penggantian kerugian dari asuransi dapat menjaga kelangsungan aktivitas baik individu, keluarga maupun kegiatan usaha.

Contoh: Rumah tinggal yang terbakar penggantian dari asuransi untuk perbaikan/pemulihan dapat menjaga masyarakat/tertanggung untuk tetap memiliki rumah tinggal.

Pabrik yang terbakar dan kegiatannya terhenti, penggantian asuransi untuk perbaikan/ pemulihan dapat menjaga kelangsungan kegiatan pabrik sehingga tenaga kerja yang ada tetap dapat bekerja dan tidak menambah penggangguran.

4. Investment of Fund (Dana Investasi)

Dalam kehidupan perekonomian negara manfaat asuransi yang terkait dengan pengumpulan dana bersumber dari akumulasi premi asuransi bisa memberi manfaat ganda.
Untuk penunjang pendapatan non operasional melalui pendapatan hasil investasi atas premi-premi yang berakumulasi

Manfaat menambah pendapatan yang menjadi bagian dari unsur laba usaha (asuransi sebagai subjek / pelaku investasi) dan usaha asuransi yang dinamis bisa menjadi objek bagi investor-investor untuk masuk di bidang kegiatan asuransi ini.

5. Invisible Earning

Manfaat kelima dari asuransi ini berkaitan dengan aspek ekonomi makro yang mencakup wawasan internasional.

Usaha asuransi selain dalam lingkup nasional dapat juga meluas dalam lingkup regional dan internasional, yang nantinya akan menyangkut peluang pengumpulan devisa negara.

Kerjasama pengelolaan risiko secara timbal balik dalam lingkup regional dan internasional akan menambah peluang pendapatan devisa negara dan bisa memberikan dampak positif pada neraca pembayaran negara

Sumber :

Detik.com

Advertisements

One Comment

  1. Samsuddin says:

    Ya…asuransi memang sangat membantu apabila klaim asuransinya juga ngga susah…

Comments are closed.