Cerdas Membuat Anggaran

Anggaran Belanja mu dapat dibuat secara cerdas dan mudah tanpa kehilangan essensi, berikut caranya :

1. Utamakan sisihkan uang untuk investasi di awal menerima penghasilan, usahakan 15% pertama diselamatkan di pos investasi. Di sini berlaku hukum : tega gak tega mesti tega untuk investasi. Gak usah lirik kanan kiri sebelum pos ini diisi ya !

2. Setelah investasi, Jangan menunda membayar cicilan hutang, hindari denda, penalti, dan bunga. Bayar cicilan hutang sebelum jatuh tempo. Jadi Jangan lupa bayar cicilan hutang ya !

3. Siapkan pos untuk pengeluaran rutin bulanan yang jumlahnya biasanya sama setiap bulan, kecuali ada keperluan khusus, misalnya daftar anak sekolah di awal tahun, premi asuransi tahunan, dll..Belanja bulanan, listrik, telepon, SPP anak, premi asuransi bulanan adalah pengeluaran rutin rumah tangga yang perlu dikeluarkan setiap bulan.

4. Masih ada sisa kah? Kamu bisa Habiskan semua sisa penghasilan kamu. Kemana? Masukkan ke pos leisure/hobby..buat kamu yang punya hobby khusus, silahkan nikmati sisa penghasilanmu untuk keperluan pribadi.

Jika dalam beberapa bulan berjalan kamu sudah terbiasa dengan pola pengeluaran baru, berikutnya adalah meningkatkan potensi tabungan sesuai dengan kebutuhan masa depan.

Memang sih, butuh banyak latihan dan penyesuaian, namun layak untuk dicoba hadiahnya menanti di saat pendapatan kamu sudah meningkat anda sudah memiliki kecerdasan dalam mengendalikan keuangan kamu.

http://www.CerdasKeuangan.com
Learn, Share and Practice Your Financial Experience

Sumber : Banyak Sumber

Advertisements