2. MyBizStory : Sang Minoritas

Bagiku kesuksesan selalu menjadi sesuatu yang berharga lagi mahal, kesuksesan harus dibeli dengan keringat juga rasa malu.

Saya seorang mahasiswi tingkat empat di salah satu Universitas Negeri yang berada di kota Jakarta. Namun meskipun begitu, SPP yang saya tanggung persemester tidak jauh berbeda dengan SPP di sebuah Universitas Swasta yang notabene nya agak memberatkan keuangan keluarga, karena keluargaku merupakan golongan menengah ke bawah.

Hal ini membuatku merasa sedikit agak terbebani, walau masalah keuangan keluarga adalah tanggung jawab bapak sebagai kelapa keluarga, akan tetapi dalam hatiku ini bersemayam perasaan tidak tenang bila aku hanya berpangku tangan. I still have a duty to do!!!.

Hal pertama yang terlintas dalam benakku saat mencari ide untuk mendapatkan tambahan uang adalah mencoba berwirausaha karena aku melihat prospek yang bagus untuk mulai berbisnis di sekitar kalangan mahasiswa.

Maka di mulailah usaha pertamaku dengan cara menjual makanan ringan seperti kripset dan lollipop. Setelah selang beberapa lama, kurasa para konsumenku sudah mulai merasa bosan.

Therefore I have to do more! otakku harus diputar, dibolak- balik sekreatif mungkin.dan akhirnya aku berhenti pada satu usaha, aku memulai berjualan kebutuhan sandang mahasiswa.

Aku memulai usaha dengan menyediakan dan menjual kebutuhan perlengkapan pakaian khususnya untuk wanita. aku belajar untuk mengenali fashion, “Mix and Match” itulah yang selalu diucapkan temn-temanku, oleh karena itu aku selalu mencari barang- barang terunik dan termurah. Ya … walau aku merasa agak berat aku berusaha untuk menyeimbangkan usaha dagangku dengan belajar yang terus giat serta aku pun mulai ikut berkontribusi dalam organisasi kemahasiswaan.

Berbisnis sambil tetap rajin berkuliah serta eksis berorganisasi merupakan tantangan sulit namun unik bagi saya, walau terkadang rasa lelah, penat bahkan muak tidak jarang menghampiri.

Namun semua itu tidak lagi berarti saat melihat wajah-wajah pengorbanan orang tua saya sepulang berkerja seakan berteriak memamnngil saya untuk selalu bangkit, ya.. ini adalah alasan terbesar saya menjadikan diri saya sebagai seorang entreupeuner.

Saya tidak merasa malu saat teman-teman saya memberikan julukan kepada saya “kuda- kuda” kuliah-dagang, kuliah-dagang atau “kudara” kuliah- dagang- rapat, hahahaha!

Saya tidak malu! justru semua itu semakin memotivasi saya untuk lebih memberikan seseuatu yang lebih, I will serve more! Untuk rencana pengembangan usaha saya mulai membuka koneksi jaringan melalui layanan telepon dan SMS serta jejaring sosial.

Dengan bantuan kakak laki-laki saya dan satu adik perempuan saya, kami bahu membahu menjalankan usaha kecil kami ini. Dengan posisi saya sebagai penanggung jawab distribusi barang, adik saya berperan dalam bidang publikasi dan kakak saya menyelesaikan urusan akomodasi design promosi.

Usaha saya pun tidak selalu berjalan lancar, saya sering off karena kehabisan modal, ya.. karena hasil dagang saya langsung diputar lagi untuk kebutuhan kuliah.

Saya tidak merasa terbebani dengan status saya, saya bangga menjadi seorang entreupeuner, sehingga saya menjadi pandai bahkan berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Walaupun tergolong minoritas, tapi saya bangga ketika saya berada diantara mereka Sang Minoritas, sehingga membuat saya dapat “show up”.Bukan hanya “mandeg”, jika saya berada di kalangan mayoritas, mahasiswa biasa.

Saya bangga ketika saya dapat membeli kebutuhan saya sendiri tanpa uring- uringan. Saya bangga menjadi seseorang yang berbeda! Rasa malu saya tidak saya sisihkan untuk usaha saya ini.

Memulai sebuah usaha cukup dengan memulai menggadai rasa malu atau “gengsi” kita dengan sebuah kesuksesan.

Nama saya : Fitria Fajrina

TTL : Bogor 23 Februari 1993

Status : Mahasiswa

Alamat : Kp. Kaum Rt03/01 no.50 Karang Asem Barat- Citeureup- Bogor

Motto : “Just enjoy your life but dont enjoy just alone”

Facebook : Fitria Fajrina

Twitter : @fajrinaaaa

Advertisements