Curhat Finansial : Aduh, Uang Tabunganku Selalu Terpakai

”  Saya seorang lajang dan karyawan tetap, selama ini sudah berusaha untuk menabung setiap bulan di rekening tabungan yang terpisah dari rekening yang saya gunakan sehari-hari, dengan maksud supaya tidak mudah terpakai. Tapi ternyata saya sangat mudah membobolnya untuk keperluan yang di luar anggaran, seperti membeli gadget baru atau liburan bersama teman. Bagaimana cara mensiasati agar tabungan tersebut tidak mudah terpakai? ”
 
 Well,

Anda sudah memulai perencanaan keuangan dengan baik yaitu menabung secara rutin di rekening terpisah. Agar tabungan tersebut tetap aman dan tidak mudah bocor ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
 
1.     Tetapkan tujuan atas tabungan tersebut beserta dengan target nominal, dan target waktu penggunaannya. Misalnya, menabung untuk liburan ke Bali dengan total biaya 6 juta rupiah yang diadakan setahun lagi.
 
Dengan demikian Anda perlu menabung 500ribu per bulan. Dengan menetapkan tujuan, target dana dan waktu maka Siska bisa menetapkan target harus menabung berapa setiap bulan. Hal ini juga memotivasi untuk hanya menggunakan tabungan itu untuk liburan dan bukan tujuan lainnya.
  
2.       Jenis tabungan yang dipilih adalah instrumen yang tidak mudah dicairkan. Misalnya menabung di reksadana pasar uang, tabungan berencana, atau logam mulia. Untuk tabungan jangka pendek (di bawah 1 tahun) dapat menggunakan instrumen reksadana pasar uang atau tabungan berencana.

Untuk mencairkan reksadana pasar uang biasanya harus dengan mendatangi kantor cabang bank atau mengirim instruksi pencairan ke Manajer Investasi, dan biasanya dana baru cair pada hari kerja berikutnya (ada juga 2 hari kerja berikutnya).

Sedangkan tabungan berencana bisa digunakan untuk tujuan 1-2 tahun, jika dicairkan sebelum waktunya akan dikenakan penalti oleh bank.Untuk tabungan jangka menengah (di atas 2 tahun) dapat menggunakan instrumen logam mulia.
 
Untuk mencairkan logam mulia menjadi uang, kita perlu datang ke toko emas, pegadaian. Segala proses dan waktu yang harus dilalui tidak semudah memasukkan kartu ke dalam mesin ATM, sehingga seringkali “memaksa” kita untuk tidak mencairkan tabungan tersebut.
 
 3.      Buat suatu tabungan rekening khusus untuk tujuan yang insidentil, kita sebut saja sebagai rekening “suka-suka”. Dana dalam rekening ini bisa dipakai untuk membiayai kesenangan yang bisa muncul kapan saja. Misalnya belanja gadget terbaru, buku impor, menambah koleksi sepatu, dll. 
 
Meskipun sifatnya bisa diambil kapan saja, Siska perlu memperkirakan dalam setahun bisa melakukan kesenangan apa saja dan membutuhkan biaya berapa. Misalnya dalam satu tahun Siska berharap bisa membeli gadget terbaru seharga 4 juta, buku impor 1 juta, sepasang sepatu 1 juta. Total biaya kesenangan setahun adalah 6 juta, sehingga And harus menabung minimal 500 ribu per bulan agar tujuan-tujuan tersebut dapat tercapai.
 
Selama ada uang di rekening ini, maka uang itu bisa digunakan untuk kesenangan tersebut, tapi jika tidak ada maka Anda harus menunggu sampai rekening tersebut terisi lagi dan bisa memenuhi kebutuhan suka-suka tersebut. “Self Control” mengambil peranan penting dalam keberhasilan pengelolaan keuangan.

Learn, Share and Practice Your Financial Experiences !

More Tips and Update Financial Events
http://www.cerdaskeuangan.com
Facebook Fannpage Cerdas Keuangan

Curhat Finansial Tiap Selasa di
Twitter @CerdasKeuangan #CurhatFinansial
Atau
ADD PIN BB Cerdas Keuangan. 218602EF

Advertisements