Curhat Finansial : Investasi dan Asuransi

“Saya ingin berinvestasi dan juga membeli asuransi dalam produk yang terpisah. Apa saja yang harus saya pelajari?”

Well,

Sebelum mulai berinvestasi, yang perlu dilakukan adalah:

1. Tentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai, berapa target dana hasil investasinya, dan kapan tujuan tersebut dicapai.

2. Sesuaikan produk investasi yang dipilih dengan tujuan keuangan dan profil risiko. Jika Anda tidak berani mengambil risiko, maka tidak disarankan memilih produk yang berisiko tinggi.

Namun, Anda juga perlu melakukan investasi di beberapa produk dengan jenis risiko yang berbeda sehingga hasil investasi bisa setara atau mengalahkan inflasi namun tetap dalam batas risiko yang mampu diterima.

Misalnya untuk orang dengan profil risiko Konservatif (atau hanya siap menerima risiko yang rendah) disarankan memilih produk dengan komposisi 50% deposito, 30% obligasi, 20% saham.

3. Menghitung berapa dana yang harus diinvestasikan untuk mencapai tujuan keuangan dan produk investasi yang sesuai. Sesuaikan dengan kemampuan dalam berinvestasi, apakah bisa secara rutin (setiap bulan, setiap tiga bulan, setiap tahun) atau secara sekaligus / satu kali (lumpsum).

4. Banyak sekali produk investasi yang beredar, pastikan perusahaan pengelola investasi memiliki rekam jejak yang baik, terdaftar resmi di lembaga pengawas investasi, tidak menjamin hasil investasi (apalagi dengan iming-iming hasil yang sangat besar), perkembangan investasi dapat diketahui oleh investor (transparan), produk investasi secara historis mampu bertahan dalam masa krisis (bahkan lebih baik daripada produk-produk serupa).
 
Sebelum membeli asuransi, beberapa hal yang perlu dilakukan adalah:
 
1. Menentukan jenis asuransi yang dibutuhkan. Umumnya setiap orang membutuhkan asuransi kesehatan.

Tapi jika sudah memiliki jaminan kesehatan yang memadai (misalnya dari perusahaan tempat bekerja) maka tidak perlu membeli asuransi kesehatan. Jika Anda sudah berkeluarga, tanyakan kepada bagian personalia (HR) apakah istri dan anak juga mendapat jaminan kesehatan yang sama. Jika lebih kecil atau tidak ada maka pertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan sendiri.

2. Asuransi jiwa diperlukan jika Anda sudah memiliki tanggungan (misal istri, anak, orang tua) tapi belum memiliki aset produktif yang dapat memberikan passive income yang setara dengan biaya hidup bagi orang yang ditinggalkan.

Berapa nilai uang  pertanggungan yang harusnya dimiliki?

Ada banyak metode untuk mengkalkulasi berapa nilai uang pertanggungan yang dibutuhkan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Teknik yang sederhana adalah nilai uang pertanggungan bisa dikalkulasikan sebagai pengganti pendapatan keluarga Anda untuk antara 6-10 tahun pengeluaran rutin + total utang yang dimiliki (terutama yang tidak dicover oleh asuransi) + dana untuk investasi yang masih perlu dilanjutkan – benefit dari perusahaan  dan Jamsostek jika terjadi risiko kematian.

Untuk teknik-teknik lain yang lebih detail Anda bisa menghubungi konsultan perencana keuangan independen untuk berkonsultasi.

Jika Anda memiliki sejarah kesehatan dalam keluarga pernah terkena penyakit kritis (misalnya jantung, stroke, kanker) dan memilliki anggaran yang besar untuk premi asuransi , maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli asuransi penyakit kritis.

Lebih baik jika nilai pertanggungan asuransi penyakit kritis sudah dapat diklaim di saat diagnosa stadium awal sehingga manfaat asuransinya dapat digunakan untuk membiayai pengobatan hingga sembuh.

Banyak sekali produk asuransi yang beredar, pilihlah produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan paling efisien.

Perhatikan pula batasan serta cakupan perlindungan asuransinya.

Setiap produk asuransi memiliki syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan agar pada saat dibutuhkan dana yang diharapkan menjadi bantuan finansial bagi keluarga, pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak baik dalam pelayanan dan pembayaran klaim
 
Selamat berinvestasi dan berasuransi.

More Tips and Update Financial Events
http://www.cerdaskeuangan.com
Facebook Fannpage Cerdas Keuangan

Curhat Finansial Tiap Selasa di
Twitter @CerdasKeuangan #CurhatFinansial
Atau
ADD PIN BB Cerdas Keuangan. 218602EF

Learn, Share and Practice Your Financial Experiences !

Advertisements