Curhat Finansial : NEED and WANT

“Bagaimana caranya menahan diri membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan sehingga uang bulanan bisa cukup untuk bulan yang bersangkutan dan tidak mengambil tabungn untuk menutupi kekurangan dana bulanan?”

Well,

Cara paling efektif menahan keinginan belanja adalah benar-benar menyadari perbedaan antara sekedar INGIN dengan benar-benar BUTUH.

“To be happy in life, you must learn the difference between NEED and WANT”

Sadarlah bahwa keinginan itu tidak ada batasnya, dan orang seringkali lalai dengan menginginkan semua untuk dibeli padahal ia tidak benar benar membutuhkannya.

Akibatnya cashflow berantakan dan kadang hutang menumpuk.

Ingatlah jika hal ini dibiarkan maka anak cucu anda yang akan menanggung akibatnya. Akankah kita diingat sebagai org yg boros pada saat kita wafat kelak?

Ada 4 hal yang harus dilakukan dan dijadikan kebiasaan baru agar Cashflow lebih tertata rapi, sehingga uang bulanan bisa cukup dan tabungan tidak minus.

1. Setelah menerima gaji, langsung pisahkan uang gaji mu pada beberapa kelompok. Pemisahan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, dengan amplop akordeon, dengan toples ataupun rekening tabungan yang terpisah. Yakinkan dirimu untuk membuat pemisahan berdasarkan jenisnya : investasi, pengeluaran rutin bulanan, dan dana darurat

2. Usahakan investasi di awal menerima penghasilan, manfaatkan fasilitas autodebet dari bank. Masukkan dana minimal 10% dari penghasilan mu ke instrumen investasi yang terpilih ( bisa Reksadana, Obligasi, Saham, dll)
3. Untuk pengeluaran rutin bulanan, baiknya dibuat di rekening tersendiri di bank yang ada fasilitas bebas biaya administrasi. Selain memudahkan dalam hal pencatatannya, dana yang ada di rekening ini dapat di distribusikan secara otomatis menurut jenis tagihannya, apakah listrik, telepon, kartu kredit, PAM, iuran sekolah, dll.

4. Yang terpenting belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan. Catat semua keperluan yang memang benar-benar dibutuhkan, bawa catatan tersebut, belanjalah sesuai dengan rencana.

More Tips and Update Financial Events
http://www.cerdaskeuangan.com
Facebook Fannpage Cerdas Keuangan

Curhat Finansial Tiap Selasa di
Twitter @CerdasKeuangan #CurhatFinansial
Atau
ADD PIN BB Cerdas Keuangan. 218602EF

Advertisements