CKTalk : Kelola Utang

Seseorang pailit, karena nggak bisa bayar utang ke bank. Koq bisa?

Penulis Buku Keuangan, Pengusaha Franchise, Artis, Atlit atau siapapun bisa pailit karena utang, jk tdk disiplin kelola utang dan kelola uang.

Suku Bunga Naik, Suku Bunga Kredit ikut2an Naik? Trus bagaimana cicilan yg sdh kita punya? Gak mau pailit juga khan?

Gak Usah Pusing Punya Utang. Kredit itu menguntungkan kalo kita tau cara mengelolanya. Yuks kita bahas cara Kelola Utang

1. Punya Utang sah-sah aja, tapi kalo kebanyakan utang jadi pailit. Iiiih amit-amit dong ya

2. Smart Investing itu selalu mendahulukan Utang Produktif ketimbang Utang Konsumtif

3. Utang Produktif, mencicil atau kredit utk sesuatu yg menghasilkan. Misalnya : KPR atau KPM utk disewakan.

4. Utang Konsumtif, berhutang hanya utk konsumsi aja atau sesuatu yg tdk dpt menghasilkan.

5. Jika punya 100ribu di kantong tapi ada utang 25rb di tempat lain, itu artinya kamu hanya punya uang 75rb

6. Pinjam uang ke Bank untuk beli tanah pertanian/agro bisnis itu termasuk utang produktif

7. Bagaimana biar utang nggak selalu ngelilit?

8. Cara Terbaik untuk menghindari utang adalah tidak ngutang.

@agustina_fitria: Dan hidup ssuai kmampuan finansial

9. Jika memang keadaan sangat mendesak dan memaksa kita utk berutang, lakukanlah dg cerdas.

10. Cari utang pinjaman yang bunga nya paling rendah, buatlah perbandingan dan pilih!

11. Tetap pastikan aja kamu berutang tidak lebih dari 30% penghasilanmu.

12. Mulai dari hal yang paling sederhana, mulai dari saat ini, yuks #KelolaUtang biar gak Pailit

@erlrights: Karyawan cerdas #KelolaUtang :Manfaatkan fasilitas KPR dr kantor. Alokasikan bonus atau tunjangan untuk bayar pokok utang.

Freelancer cerdas #KelolaUtang : Restrukturisasi utang, alihkan utang awal ke utang yg punya bunga lebih ringan.

#KelolaUtang juga harus Kelola Risiko, Lakukan proteksi dengan menambahkan asuransi sebagai pelindung.

#KelolaUtang itu masalah kebiasaan dan mental juga loh. Nah di Smart Investing selain diajarin #Kelola utang juga Kelola Kebiasaan.

Let’s Learn, Share and Practice Your Financial

Advertisements