Review Perencanaan Keuangan

Umumnya sebuah rencana keuangan membutuhkan membutuhkan review, minimal tiap tahun.

Kesulitan yang mungkin ditemukan pada kenyatannya adalah Anda sebagai pemula dalam perencanaan keuangan belum tahu secara pasti apa yang harus dipertimbangkan dalam melakukan review sebuah perencanaan keuangan.

Banyak yang beranggapan bahwa melakukan review perencanaan keuangan adalah sekedar melakukan check terhadap nilai atau return sebuah investasi di dalamnya.

Tentu saja Anda harus mengecek return investasi Anda, tapi bukan hanya itu saja yang harus Anda kerjakan. Setelah membaca artikel ini, Anda akan mengetahui bahwa ada beberapa poin penting lain yang akan menjadi PR Anda me-review sebuah perencanaan keuangan.

Apa saja poin-poin penting tersebut? Mukund Seshadri CFP menyebutkan poin-poinnya sebagai berikut :

1. Perubahan pada Tujuan Keuangan Anda.

Setiap perencanaan keuangan didasarkan pada berbagai macam batu pijakan yang perlu dicapai. Batu pijakan ini menumpu beberapa tujuan keuangan. Kekurangjelasan sebuah tujuan keuangan membuat keseluruhan rencana tampak samar. Oleh karena itu, selalu lakukan review terhadap tujuan keuangan Anda.

Review perencanaan keuangan maksudnya adalah melakukan pemeriksaan ulang atas keseluruhan faktor dalam perencanaan keuangan, seperti : biaya-biaya, waktu, dan hal teknis lainnya.

2. Cash Flows

Pendapatan dan pengeluaran Anda pasti tidak sama dari tahun ke tahun, idealnya ada kenaikan.

Yang sering terjadi, kenaikan pendapatan lebih menjurus kepada kenaikan pengeluaran, betul gak? Nah, hal ini dapat menghambat laju pertumbuhan investasi yang pada akhirnya memperlambat waktu untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda.

Melakukan review dan kontrol secara periodik atas cash flow Anda adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan demi memperkokoh kondisi keuangan Anda.

3. Insurance Requirements

Life insurance and health insurance adalah dua aspek yang sangat krusial dalam satu perencanaan keuangan.

Anda harus mengetahui pasti apakah asuransi-asuransi yang Anda miliki telah meng-cover semua kebutuhan Anda atau ada yang harus ditambahkan tiap tahunnya.

4. Investasi Masa Lalu

Investasi-investasi yang sudah Anda beli pada masa-masa yang lalu termasuk dalam daftar review penting Anda.

Maksud awal dari pembelian produk investasi tersebut sangat membantu Anda dalam menetapkan tujuan yang sama dan mencapai tujuan tersebut.

Keinginan dan kebutuhan tiap orang akan berubah dari waktu ke waktu, jadi alangkah pentingnya mengetahui produk investasi yang tepat untuk setiap tujuan keuangan Anda.

Yang sering terjadi adalah, Anda kurang paham dan kurang waspada pada rincian-rincian atau spesifikasi produk investasi yang Anda miliki.

*dari berbagai sumber

Advertisements

One Comment

  1. Iqbal says:

    Tiada kata terlambat walau sebenarnya perencanaan keuangan itu dilaksanakan sejak masih muda. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Comments are closed.