Persyaratan Sertifikasi CFP

FPSB Indonesia mensyaratkan calon memenuhi proses 4 E yaitu: Education, Examination, Experience dan Ethics.

Education (Pendidikan)
Calon harus lulus dalam program pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan yang telah bekerjasama dengan FPSB Indonesia yaitu Universitas dan Lembaga Pendidikan penyelenggara pendidikan program sertifikasi CFP.

Examination (Ujian)
Setelah lulus dalam program pendidikan pada butir 1 diatas, calon mengikuti ujian diselenggarakan oleh FPSB Indonesia. Ujian bersifat pilihan berganda (multiple choice). Pendaftaran dan Biaya ujian adalah Rp. 400.000/ujian untuk ujian masing-masing CFP1, CFP2 dan CFP3 dan Rp. 1.000.000/ujian untuk ujian CFP4 dibayarkan paling lambat 2 minggu sebelum ujian. Biaya mengulang ujian adalah sama dengan biaya ujian.

Experience (Pengalaman Kerja)
Calon mempunyai pengalaman kerja paling tidak 3 tahun di bidang terkait jasa keuangan.

Ethics (Etika)
Calon menandatangani persetujuan untuk patuh pada kode etika perofesional CFP. Dengan menyetujui kode etika tersebut, calon juga menyatakan persetujuannya untuk menerima segala tindakan termasuk diantarannya dicabutnya sertifikat nya apabila melanggar kode etika tersebut. Setiap professional CFP mempunyai hak untuk naik banding (hak appeal) sebagai upaya untuk membuktikan dia tidak bersalah.
Persyaratan pendidikan dan pengecualian mengikuti pendidikan :

Calon diharapkan mempunyai latar belakang pendidikan minimum SMU dengan pengalaman 6 tahun di industri jasa Keuangan atau Sarjana (S1) dari lembaga pendidikan yang diakui di Indonesia dengan mempunyai pengalaman di industri jasa keuangan selama 3 tahun.

Pengecualian yang dapat dipertimbangkan bagi calon dari ketentuan mengikuti pendidikan yaitu telah mempunyai latar belakang: CFA, CPA,  ChFC, CLU, Wakil Manajer Investasi, FLMI, AAI-J atau seseorang dengan gelar akademis minimum S2 di bidang terkait keuangan dari Universitas yang diakui di Indonesia.

B. PERSYARATAN BIAYA SERTIFIKASI CFP
Biaya sertifikasi CFP adalah setiap 2 tahun yaitu  Rp. 1.200.000/tahun 1 dan Rp. 1.000.000 untuk tahun kedua.

C. PERSYARATAN RESERTIFIKASI CFP
Sertifikasi CFP berlaku 2 tahun. Untuk memperpanjang sertifikasi setiap professional CFP harus memenuhi 40 CPD (Continual Professional Development) untuk 2 tahun, memenuhi persyaratan Kode Etik FPSB Indonesia dan membayar biaya sertifikasi sesuai butir B.

FPSB Indonesia menerbitkan persyaratan untuk perpanjangan sertifikasi (Resertifikasi) dan konsekuensi atas kegagalan CFP profesional untuk memenuhi persyaratan perpanjangan. Kegagalan untuk memenuhi persyaratan perpanjangan mungkin karena tidak memenuhi ketentuan CPD, kegagalan untuk memenuhi semua ketentuan etika dan tanggung profesi, Kegagalan untuk mengajukan permohonan perpanjangan oleh tenggang waktu yang ditentukan atau kegagalan untuk membayar biaya yang diperlukan.

Dalam kasus dimana seorang CFP professional tidak memenuhi persyaratan perpanjangan dan sertifikat telah berakhir, individu tidak lagi diizinkan untuk menggunakan mark CFP. FPSB Indonesia akan memasukan nama tersebut kedalam daftar inactive dan tidak ada pengembalian biaya apapun.

Dalam hal kegagalan memenuhi persyaratan sertifikasi karena tidak /belum memenuhi ketentuan CPD, atas permintaan certificants maka FPSB Indonesia dapat memberikan kesempatan bagi certificants untuk memperoleh CPD points melalui kelas-kela/seminar atau melalui kelas online dalam waktu paling lama 6 bulan kedepan. Certificant wajib mengirimkan email kepada info@fpsbindonesia.net  tentang keiinginannnya tersebut, membayar biaya sertifikasi CFP dan sertifikasi CFP tetap akan berlaku. Setelah 6 bulan berlaku dan tetap gagal memenuhi ketentuan CPD maka sertifikat CFP akan tidak berlaku dan FPSB Indonesia akan menerbitkan surat suspense (suspension notices) yang akan dikirimkan kepada yang bersangkutan melalui email info@fpsbindonesia.net  yang menyatakan bahwa sertifikat CFP tidak berlaku lagi dan tidak diperbolehkan menggunakan mark CFP dalam berbagai bentuk dan cara.

Untuk  menghidupkan kembali sertifikasi Anda (reinstate your certificate) harap dilakukan sesegera mungkin dalam kurun waktu 12 bulan sejak tanggal suspension notice. Dia  diwajibkan menyelesaikan kursus wajib FPSB Kode Etik Profesi dan Tanggung Jawab Profesi melalui online: http://www.sentracpd.com dan membayar biaya sertifikasi yang tertunggak.

Dalam hal kegagalan memenuhi persyaratan sertifikasi karena tidak memenuhi ketentuan etika dan tanggung jawab profesi, FPSB Indonesia akan melakukan tindakan selanjutnya dengan mempertimbangkan rekomendasi dari komite kode etik yang ditunjuk oleh FPSB Indonesia.

Sumber : http://www.fpsbindonesia.net