Daftar Orang-orang Super Kaya Paling Dermawan

Salah satu orang terkaya di Indonesia baru saja memberikan sumbangan Rp 6 miliar untuk korban banjir Jakarta dan Rp 12 miliar untuk pengadaan bus gratis di ibu kota. Ia tidak sendirian, banyak orang-orang kaya yang dermawan di dunia ini.Contohnya di Amerika Serikat (AS). Kekayaan miliaran dolar atau triliunan rupiah tak membuat orang-orang super kaya di AS lupa untuk menyumbangkan kekayaannya. Forbes membuat daftar 50 orang kaya paling dermawan di AS yang paling rajin memberikan sumbangan untuk kegiatan-kegiatan sosial. Sumbangan ini diberikan melalui banyak yayasan.Dari 50 orang kaya paling dermawan di AS, jumlah sumbangan yang mereka berikan di 2012 mencapai US$ 7,4 miliar atau sekitar Rp 70,3 triliun.Siapa saja 10 orang kaya paling dermawan di AS? Ini Daftar Orang-orang Super Kaya Paling Dermawan

Warren Buffet

Pria berumur 82 tahun ini merupakan orang terkaya kedua di AS dengan nilai kekayaan US$ 46 miliar atau sekitar Rp 437 triliun. Pada tahun lalu, Buffet menyumbangkan kekayaan US$ 3,084 miliar atau sekitar Rp 29,2 triliun. Sumbangan ini diberikan melalui Howard G. Buffet Foundaton, NoVo Foundation, dan Sherwood Foundation.

David Koch

Pria berumur 73 tahun ini merupakan bos dari perusahaan besar di AS Koch Industries. Orang terkaya nomor 4 di AS ini memiliki kekayaan senilai US$ 34 miliar atau sekitar Rp 323 triliun.Menurut catatan Forbes, David menyumbangkan US$ 137 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun uangnya tahun lalu. Sumbangan diberikan kepada Metropolitan Museum of Art, National Museum of Natural History, Technology Children’s Center at Vassar Street, Jaffe Food Allergy Institute at the Mount Sinai Medical Center, Allen-Stevenson School, dan Columbia University.

Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan

Pria berusia 29 tahun merupakan penemu situs jejaring sosial terkenal Facebook. Zuckerberg dan istrinya Priscilla menjadi orang kedua yang paling dermawan di AS. Tahun lalu pasangan ini menyumbangkan US$ 499 juta atau sekitar Rp 4,7 triliun dari hartanya. Sumbangan ini diberikan melalui Sillicon Valley Community Foundation.Jumlah kekayaan Zuckerberg di 2013 ini mencapai US$ 9,4 miliar atau sekitar Rp 89 triliun.

G. David Gundlach

Forbes mencatat, David menyumbangkan US$ 140 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun di tahun lalu. Sumbangan tersebut diberikan kepada Elkhart County Community Foundation.

Sheldon dan Miriam Adelson

Sheldon merupakan pria berumur 79 tahun yang menjadi orang terkaya nomor 12 di AS. Jumlah kekayaan Sheldon tahun ini mencapai US$ 20,5 miliar atau sekitar Rp 194,7 triliun yang didapat dari bisnis kasinonya di Las Vegas.Tahun lalu, pria ini beserta istrinya Miriam menyumbangkan US$ 143 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun yang disumbangkan melalui Dr. Miriam and Sheldon G. Adelson Medicall Research Foundation, Dr. Miriam and Sheldon G. Adelson Educational Institute, Birthright Israel Foundation, Hebrew SeniorLife, Gateways: Access to Jewish Education, Chelsea Jewish Foundation.

Carl Icahn

Pria berumur 77 tahun ini merupakan orang terkaya nomor 21 di AS dengan harta senilai US$ 14,8 miliar atau sekitar Rp 140,6 triliun di tahun ini.Forbes mencatat, pada tahun lalu, Carl menyumbangkan uangnya senilai US$ 150 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun untuk Mount Sinai School of Medicine.

Mortimer Zuckerman

Zuckerman merupakan pria berumur 76 tahun yang menjadi orang terkaya nomor 190 di AS. Pria yang kekayaannya didapat dari sektor properti dan media ini memiliki harta Rp 22,8 triliun.Tahun lalu, Zuckerman tercatat menyumbankan US$ 200 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun yang diberikan kepada Columbia University.

Sergey Brin dan Anne Wojcicki

Sergey merupakan pria berumur 39 tahun yang jadi salah satu penemu Google yang menjadi orang terkaya nomor 14 di AS. Kekayaan Sergey tahun ini mencapai US$ 20,3 miliar atau sekitar Rp 192,8 triliun.Tahun lalu, Sergey menyumbangkan US$ 223 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun melalui Brin Wojcicki Foundation dan Michael J. Fox Foundation for Parkinson’s Research.

Paul Allen

Pria berumur 60 tahun ini merupakan orang terkaya nomor 20 di AS dengan kekayaan US$ 15 miliar atau sekitar Rp 142 triliun di tahun ini. Paul merupakan salah satu penemu microsft dan juga pengusaha di sektor properti.Tahun lalu, jumlah kekayaan yang disumbangkan oleh Paul mencapai US$ 309 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun. Sumbangan diberikan melalui Allen Institutr for Brain Science, Experience Music Projects and the Science Fiction Museum, dan beberapa yayasan lainnya.

John dan Laura Arnold

John merupakan seorang investor hedge fund yang menjadi orang terkaya nomor 168 di AS. Jumlah kekayaan John mencapai US$ 2,8 miliar atau sekitar Rp 26,6 triliun.Menurut Forbes, John dan istrinya Laura pada tahun lalu menyumbangkan US$ 423 juta atau sekitar Rp 4 triliun melalui Laura and John Foundation, serta beberapa yayasan lain.

Sumber : DetikFinance

Advertisements