Asuransi Yang Bisa Diwariskan

Tidak semua instrumen investasi ternyata dapat diwariskan secara otomatis. Salah satu yang bisa adalah asuransi jiwa.

Asuransi memiliki beragam konsep, salah satunya adalah perencanaan waris.

Apakah anda tahu, bahwa harta waris disebut juga harta tidak bertuan? Maksudnya, jika orang tua kita atau bahkan diri kita sendiri meninggal, siapakah pemilik harta tersebut? .Ternyata, ada istilah legitimate portie. Yaitu hak mutlak dari ahli waris dengan garis ke atas ke bawah, keturunan langsung.

Masalahnya, untuk suami atau istri, pengalihan hak ini harus melalui proses pengadilan.Tentu saja, memakan waktu dan tenaga selama prosesnya. Maka dari itu, jika memang sudah ada dana berlebih dan kebutuhan terkait, seseorang dapat mulai membeli premi asuransi jiwa.

Kelebihan polis unit linked, dalam hal perencanaan waris adalah uang pertanggungan langsung ditujukan pada nama yang tertera sebagai ahli waris, termasuk saldo investasinya.

Sebelumnya, identifikasi terlebih dahulu kebutuhan yang ada karena meskipun judulnya asuransi, tidak berarti semuanya harus diambil. Setelah identifikasi dan analisa kebutuhan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyisihkan 10% dari penghasilan untuk membeli produk asuransi.

Bisnis Indonesia