Muda Mudi Indonesia jadi Daya Tarik Investor

Indonesia memiliki daya saing dengan negara-negara lainnya karena ditopang beberapa aspek, yakni sumber daya alam, budaya, dan sumber daya manusia. Demografi yang dimiliki Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi pihak asing. Besarnya persentase masyarakat usia produktif dan kaum muda menjadi penyumbang besar kemajuan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

“Di Indonesia 60 persen masyarakat tergolong kategori usia produktif dan 27 persen adalah usia muda. Ini adalah sebuah potensi pasar yang besar.” Marie Elka Pangestu

Dengan besarnya jumlah golongan masyarakat usia produktif dan meningkatnya jumlah golongan kelas menengah, maka Indonesia merupakan sebuah pasar dan potensi yang amat besar. 

Diperkirakan pada tahun 2030, 90 juta orang Indonesia akan bergabung ke golongan masyarakat kelas menengah. Generasi muda merupakan konsumen sekaligus penyedia industri, khususnya industri yang bersifat kreatif. Mereka yang mendorong peningkatan daya saing Indonesia.

Generasi muda selalu mengedepankan dan menginginkan transparansi pemerintahan yang baik. Mereka sangat peka terhadap teknologi juga bangga menjadi orang Indonesia, dengan kecintaan dan keinginan mereka untuk melestarikan budaya.

Bonus demografi yang dimiliki Indonesia tidak hanya tantangan, tapi juga kesempatan Indonesia untuk meneruskan pertumbuhan. Generasi muda yang sangat potensial ini target pasar yang besar. Mereka tidak hanya sebagai pihak di sisi demand, tapi juga supply.

Kontan.co.id