Kebiasaan Penyebab Boros

Tanpa Anda sadari, beberapa kebiasaan sehari-hari ini bisa membuat Anda sulit menabung dan menyebabkan Anda bangkrut.

Membeli kopi sebelum pergi kerja
Kebiasaan minum kopi bisa menjadi salah satu penyebab banyaknya pengeluaran Anda, terutama jika Anda hanya mau kopi dari kafe tertentu.Jangan jadikan ini kebiasaan setiap hari, tapi sebaiknya tahan diri Anda untuk minum kopi mahal di waktu-waktu tertentu saja. Sementara untuk di kantor, lebih baik bikin saja kopi sendiri.

Tidak membawa bekal makan siang sendiri
Salah satu cara untuk berhemat saat bekerja adalah dengan membawa bekal makan siang sendiri. Jika Anda merasa terlalu sibuk untuk melakukannya, cobalah lakukan beberapa hari dalam seminggu. Misalnya, Anda akan bawa bekal untuk hari Senin dan Rabu.Kebiasaan makan di luar dengan teman-teman kantor sebaiknya dilakukan sesekali saja. Terlalu sering makan siang di restoran, bisa bikin kantong Anda ‘bolong’.

Belanja tanpa daftar
Saat Anda pergi belanja bulanan tanpa membuat daftar barang-barang yang akan dibeli, Anda malah berakhir dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tak dibutuhkan. Cara ini tentu saja bisa menyebabkan Anda mengeluarkan uang lebih banyak.

Mengikuti gaya hidup teman
Tiap orang pada dasarnya memiliki penghasilan yang berbeda-beda. Gaya hidup mereka pun berbeda pula. Karena itu, jangan coba mengikuti gaya hidup teman yang sepertinya mampu membeli segala macam barang, jika Anda tidak mampu menyamainya.Apabila teman suka makan siang di restoran mahal, namun Anda merasa gaji Anda tidak cukup atau pengeluaran Anda cukup banyak pada bulan itu, sebaiknya jangan mengikutiny.Anda harus tahu kemampuan diri pribadi sendiri. Jangan sampai gaya hidup orang lain malah bikin Anda jadi bangkrut.

(Allwomenstalk/Kabar24.com)

Advertisements