Apa itu Saving Bonds Retail?

Alternatif Investasi, Saving Bonds Ritel

Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) Kementerian Keuangan mulai menjaring investor individu di daerah-daerah melalui pre-marketing Saving Bonds Ritel (SBR) di lima kota di Indonesia.Instrumen baru SBR yang dikeluarkan untuk menutupi kekurangan APBN 2014 tersebut mulai diperkenalkan di kota pertama Surabaya dan akan dilanjutkan di Makassar, Semarang, Bandung, dan Medan.

Selain mulai memasarkan instrumen baru keuangan, pemerintah juga tengah menyeleksi calon-calon agen penjual SBR seperti pihak bank dan lembaga keuangan lainnya.

SBR seri 001 yang ditawarkan kepada masyarakat pada semester I/2014 berbeda dengan Obligasi Ritel Indonesia (ORI). SBR memiliki jangka waktu lebih pendek yakni dalam tempo 2 tahun, sedangkan ORI mencapai 3 tahun.

SBR dinilai lebih menguntungkan karena hanya dimiliki pribadi dan tidak bisa diperdagangkan kembali kepada institusi ataupun orang asing seperti ORI.

ORI di pasar skunder bisa dibeli institusi atau asing, tapi SBR tidak bisa pindah tangan sampai jatuh tempo, apalagi dibeli asing, karena syarat membeli SBR adalah warga negara Indonesia.

SBR adalah Kupon instrumen yang dijamin oleh negara dan mengikuti rate Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang telah ditetapkan.

Kupon SBR floating mengikuti LPS rate. Pada saat LPS rate naik, kupon akan ikut naik, dan saat LPS rate turun juga akan mengikuti tetapi ada minimal. Penetapan minimalnya adalah saat pembelian kupon pertama, jadi tidak akan turun lebih dari itu.

SBR seri 001 dijual Rp1 juta/unit dengan pembelian minimal Rp5 juta dan maksimal Rp5 miliar. Bagi agen penjual pun memiliki syarat yang harus dipenuhi yakni mampu mencapai target penjualan SBR minimal Rp50miliar atau 50 investor per agen penjual.

Saat pembelian, investor hanya menyiapkan KTP, menyiapkan dana, dan mengisi formulir di agen penjualnya. Tujuan pemerintah mengeluarkan SBR adalah untuk memperluas basis investor dan agar masyarakat ke depan menjadi masyarakat yang invesment oriented.

Bisnis Jatim