Di Indonesia, Return Deposito Diatas Inflasi

Suku bunga deposito perbankan nasional yang masih di atas inflasi. Fenomena tersebut dinilai langka. Pengecualian di Asia Tenggara. Di dunia barangkali. Di Asia Tenggara, semua bunga deposito itu selalu lebih rendah dari inflasi.

Filipina, dengan inflasi 5,5 persen, suku bunga deposito berada di kisaran 3,5-4 persen. Sementara itu, di Malaysia dan Thailand, dengan inflasi 4-4,5 persen, suku bunga deposito di antara 2,5-3 persen. Tapi di Indonesia selalu diinginkan bunga deposito harus lebih tinggi dari inflasi.

Tingginya suku bunga deposito lantaran hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan suku bunga dasar kredit masih tinggi. Jika bunga deposito turun, sudah pasti bunga kredit turun.

Bank Indonesia terus mengupayakan agar besaran suku bunga deposito perbankan nasional sejalan dengan suku bunga deposito negara kawasan yang berada di bawah inflasi. Meski begitu, untuk menurunkan suku bunga deposito, membutuhkan proses panjang. Suku bunga penjaminan simpanan LPS, misalnya, tidak bisa langsung turun mengikuti bunga pasar, yakni suku bunga simpanan Fasbi, 3,75 %

Tempo.com

Advertisements