5 Cara Gampang Hemat Liburan tanpa Khawatir Kantong Jebol

Gak kerasa udah di penghujung tahun dan buat yang hobi liburan, hari gini pastinya udah nyiapin kalender liburan tahun depan. Gimana caranya tetap hemat supaya liburan kerasa lebih asyik ?

Libur..jalan-jalan..memang asyik banget rasanya karena buat sebagian orang berlibur adalah salah satu cara untuk melupakan sejenak rutinitas sehari-hari. Buat kamu yang punya segudang kesibukan di tempat kerja, sesekali tubuh dan pikiran juga perlu istirahat khan. Itulah mengapa berlibur terasa penting dilakukan. Berlibur akan membawa kamu dapetin pengalaman baru yang berbeda dari biasanya.

Banyak hal yang perlu disiapin sejak awal ketika akan pergi berlibur. Beberapa hal mungkin akan membutuhkan persiapan dari jauh-jauh hari, seperti tiket pesawat, hotel, transportasi selama liburan, akan berpengaruh pada kualitas liburan kamu. Berikut ini 5 cara gampang hemat liburan tanpa khawatir kantong jebol.

1. Manfaatkan waktumu sebentar untuk membuat jadwal perjalananmu dan memesan tiket pesawat dengan cermat.

Atur waktu libur sedemikian mungkin sehingga fleksibel dan kamu dapat memesan tiket pesawat pada saat low season, hari-hari dimana biaya tiket penerbangan sedang murah-murahnya.

girl-looking-at-paper
Pesan tiket pesawat via changiairport.com

Jika kamu membeli tiket pesawat memang akan sedikit menguras dana travelling  karena nilainya cukup besar, so kita selalu ingin berburu tiket pesawat murah sebelum melakukan perjalanan wisata antar kota atau antar negara khan..Apa jadinya jika pada saat kamu sudah siapkan tanggal untuk libur sejenak dari kesibukan kantor justru gak ada satu maskapai penerbanganpun yang nawarin tiket promo?

Kapan waktu yang tepat beli tiket pesawat? 6 minggu sebelum tanggal travelling kamu adalah saat yang tepat untuk pesan tiket. Kenapa ? Karena pada masa itu maskapai sedang giat-giatnya merendahkan harga jual tiket pesawat mereka. Harga tiket di awal pekan biasanya lebih murah daripada akhir pekan,perjalanan di pagi hari biasanya lebih murah daripada siang hari. Trik ini umum banget untuk dilakukan dan memang terbukti manjur.

2. Coba lebih cerdas milih tujuan wisata sesuai waktu.

Misalnya gini, pas Libur Natal dan Tahun Baru harga tiket ke Hawaii dan Kepulauan Karibia itu mahal banget..Harganya jauuuh lebih mahal daripada harga tiket ke New Orleans, South Carolina, Los Angeles dan San Diego. Nah sekarang kamu bandingkan harga tiket online dengan tiket yang berlaku di agen perjalanan. Jika kamu ingin bepergian jauh dan gak punya waktu mencari tiket online, agen perjalanan selalu menawarkan harga tiket promo untuk tujuan ke negara yang jauh seperti Amerika, Eropa, Timur Tengah atau Afrika.

3. Pilih jenis penginapan sesuai lokasi wisata di mana kamu akan tinggal.

Pilih tempat menginapmu selama berlibur nanti. Siapa pun gak ingin mendapatkan hotel yang kondisinya tidak sesuai dengan harapan. Setiap orang memiliki kriteria dan standar tersendiri untuk yang satu ini. Sebab orang mempunyai standar kenyamanan yang berbeda-beda.

apt-kueche800
Apartment in Europe via german-way.com

 

Pada dasarnya, pemilihan jenis penginapan yang tidak tepat akan membuat liburan berantakan dan tidak berarti apa-apa. Karena itu, sangat penting untuk menemukan satu yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk urusan tempat tinggal juga kamu harus cerdas ngatur strategi. Caranya gini, untuk perjalanan kamu ke Amerika misalnya, pikirkan untuk tinggal di extended-stay hotel yang bisa memberikan kamu kamar yang harganya terjangkau akan tetapi punya banyak keuntungan lebih, seperti dekat dengan kamar anak, luas kamar yang lebih lapang, ada kulkas dan microwave buat makanan, mesin cuci, sarapan gratis, free wifi dan kadang menyediakan makanan ringan serta makan malam.

Buat kamu yang punya saudara atau teman yang tinggal di luar negeri, jangan sungkan untuk menghubungi mereka dan mengatakan bahwa kamu akan menginap sementara. Ini cara pelit sih, tapi dapat lebih menghemat uang khan jadinya.

Jika kamu bepergian ke Eropa, coba pikirkan untuk menyewa apartemen, karena apa..kamar hotel di Eropa itu kecil-kecil dan mahal, gak ada kulkas dan microwave buat makanan. Dengan bermalam di apartemen, kamu akan lebih berhemat, dapat ruangan yang lebih luas, bisa jadi ada messin cuci dan juga dapur buat memasak sehingga kamu bisa menghemat uang makan.

4. Jangan sungkan untuk membawa bekal makanan dan obat-obatan dari rumah.

Pengalaman saya pergi ke berbagai tujuan wisata, cara ini gak pernah gagal dan sangat menghemat. Makanan favorit yang suka saya bawa seandainya pergi liburan adalah rendang. Rendang buatan ibu saya ini istimewa karena selalu cocok dengan kondisi cuaca apapun, tahan lama dan rasanya bikin kangen rumah, hahaha..kamu perlu coba

Atau jika kamu bepergian ke pantai, ke pegunungan, ke gurun atau kemanapun kadang susah banget nemu tempat makan yang cocok daqn murah, bawa makanan sendiri adalah solusinya. Seandainya ibumu gak bisa bikin rendang seenak ibuku, kamu bisa beli snack seperti crackers, makanan siap saji, roti, buah, dan lainnya.

5. Mengumpulkan sesuatu daripada membelinya

Hunting for specific items — coba deh koleksi kerang-kerangan dari pantai yang kamu kunjungi atau kumpulkan peralatan mandi yang lucu-lucu dari tempat kamu menginap, ini akan lebih menghemat uang kamu dalam membeli barang yang lucu-lucu. Koleksi souvenir yang lucu-lucu dan khas dari tempat kamu berlibur pasti akan lebih murah daripada membelinya khan.

 

Selamat Berlibur !

Advertisements
%d bloggers like this: