Begini Cara Ampuh Supaya Tetap Hemat saat Travel ke Korea

Kamu yang punya hobi nonton drama Korea, pengen gak sih berkunjung ke negeri Oppa ini?  Kamu yang emang penasaran sama pemandangan alam, kehidupan kota, pengen lihat orang-orang dan kebudayaan Korea…kamu yang suka banget sama yang namanya K-Pop, atau …kamu yang mau mborong gingseng buat dijual lagi ke Indonesia, bisa jadi Korea adalah salah satu destinasi impianmu tahun ini. Buat kamu yang masih nabung untuk bisa pergi ke Korea, jangan takuut.. ini negara yang bersahabat di kantong koq. Jika kamu bisa ngatur uang dan tau tipsnya maka kamu akan lebih hemat berlibur di negara ini. Supaya tetap hemat saat jalan-jalan ke Korea, begini cara KoCek mengantisipasinya. Simak ya..

korea

1. Rajin Up Date Informasi

Travelling itu kuncinya di TIKET PESAWAT ! Kenapa? karena jika sudah punya tiket pesawat dengan harga yang minimal maka kamu dapat lebih menghemat sampai dengan hampir 50% total biaya perjalanan kamu. Mulailah berlangganan newsletter maskapai penerbangan supaya kamu selalu bisa mendapatkan informasi tiket promosi dan follow akun media sosial mereka kayak Twitter, Facebook, atau Instagram.

Oiya, Pesan tiketnya minimal 60 hari sebelum keberangkatan yah..ini supaya biaya pembelian tiket lebih murah. Supaya diingat juga bahwa penerbangan saat hari kerja umumnya ngasih harga yang lebih murah, lho.

2. Rela Antri

KoCek pernah terkejut saat melintasi gerbang masuk sebuah mall di Jakarta. Gila, begitu banyak pengunjung, tua muda, pria wanita, berdiri mengantri di bawah teriknya matahari. Penasaran dong, KoCek bertanya pada seorang wanita yang berdiri mengantri di sana dan bertanya sejak kapan dia disini…jawabnya dari jam 6 pagi mbak…ooooh my…!

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan tiket dengan harga hemat untuk sebuah penerbangan yang lebih nyaman, siapin mental deh..karena kamu harus rela antri! Biasanya event ini menawarkan berbagai tiket promo pesawat dari maskapai penerbangan yang terkenal dengan harga diskon ke berbagai destinasi di luar negeri. Umumnya mereka kasih diskon 40% sampai dengan 50% buat satu tiket Pulang Pergi. Contoh, untuk satu tiket Pulang Pergi ke Korea mereka akan memberikan diskon 50% dari harga awal Rp. 5 juta menjadi Rp. 2,5 juta saja. Hmm..Menggiurkan yah …

3. Cari Penginapan Paling Murah

Jika kamu bepergian ke luar negeri pastilah menginap, jadi biaya penginapan juga harus diperhitungkan. Nah ada beberapa cara cerdas buat menghemat biaya penginapan ini.

Pertama, dengan ikutan couchsurfing, sebuah alternatif jalan-jalan hemat dan menjalin pertemanan dengan orang lain. Ide dasar couchsurfing adalah mewujudkan sebuah komunitas jejaring sosial yang mana para anggotanya dapat saling berbagi tempat untuk menginap dan membantu tamu mereka yang datang saat itu supaya bisa travelling hemat. Nah jika kamu ingin mencoba cara ini, mulai dari sekarang rajin-rajin deh browsing komunitas couchsurfing yang ada di Korea dan libatkan diri di dalamnya.

Kedua, dengan menemukan hostel atau guesthouse di Korea. Ini dilakukan jika memang anggaran kamu benar-benar sangat terbatas. Nah, di Korea memang lagi marak usaha penginapan murah kayak gini, jadi jangan khawatir kehabisan kamar dengan tarif yang murmer selama berada di sana. Seberapa murah ? Yaa..antara 100-200ribu rupiah per malam kamu bisa dapetin kamar tipe asrama roomshared bersama 8 orang pengunjung lain.

Ketiga, gunakan situs online untuk membandingkan harga  penginapan dan menemukan penginapan yang paling murah. Ada gak sih? Jawabnya ada..KoCek pernah membandingkan rate hotel di http://www.trivago.com dan bener bener dapet rate hotel yang termurah dari yang KoCek bandingkan.

4. Hemat Biaya Makan

Memang jika kita kurang teliti, biaya makan bisa menguras uang saku selama di luar negeri dan bikin kantong jebol. Harga makanan standar di Korea berkisar antara 45 ribu sampai 60 ribu, jika kamu ingin menghemat, coba cari warteg nya Korea. Letaknya di pasar-pasar tradisional atau warung kecil pinggir jalan. Menu yang mereka sediakan sangat beragam. Mulai dari makanan tradisional Korea sampai makanan khas anak muda.

5. Temukan Tour Guide Gratis

Ada sebuah pelayanan khusus dari pemerintah korea yang namanya goodwill guide yang gratis tis tis tis. Melalui program goodwill guide ini akan ada relawan-relawan yang jadi pemandu dan berteman dengan kita. Bahasa bahkan budaya dapat saling tuker-tukeran looh. Syaratnya ajukan email ke www.kto.or.th seminggu sebelum tiba di Korea.

Selamat berlibur !

Advertisements
%d bloggers like this: