Begini Cara Cerdas Travelling, tanpa Khawatir mikir : “Duitnya dari Mana?”

Apakah kamu sering mengalami hal ini, gagal liburan gegara gak punya uang? Bukan hanya masalah waktu yang tepat, biaya juga menjadi faktor penentu rencana perjalanan kamu. Jika sudah punya keinginan untuk pergi jalan-jalan jangan dibiarkan terus-terusan gagal. Ada baiknya kamu memulai rencana untuk benar-benar jalan. Buat kamu yang pengen banget jalan-jalan, KoCek punya cara ampuh yang akan membuatmu dapat pergi kemanapun dan kapanpun kamu suka.

Photo Credit : via www.interexchange.org

1. Bayangkan aja dulu

Meski awalnya sebatas imajinasi dan angan-angan membayangkan tempat-tempat keren buat liburan tapi jika kamu membayangkan tempat yang indah yang akan kamu kunjungi, kemudian mencatat dan mengingat selalu, kamu dapat mengumpulkan gambar-gambar tujuan wisata yang sudah kamu bayangkan tadi di dalam sebuah buku yang berjudul “My Traveling Book Plan”.

Sah-Sah aja jika kamu menciptakan imajinasi dan membayangkan cool places to visit, tapi coba jangan hanya sekedar membayangkan, lakukan tindakan yang pasti, kapan kamu bisa melihat dunia yang lebih luas? Kemana kamu akan pergi ? Berapa Biayanya? Dimana kamu akan membeli Tiket Pesawat? Dimana kamu akan tinggal?

2. Buat target kapan kamu harus pergi dan ke mana tujuan wisata yang akan kamu datangi.

Jika ingin benar-benar pergi, kamu pasti menginginkan semuanya berjalan lancar sesuai rencana. Supaya kamu merasa nyaman dan gak pusing baiknya tentukan target kapan kamu harus pergi dan kemana tujuan wisata yang akan kamu datangi.

Dengan ditentukannya target, maka kamu jadi benar-benar pergi travelling sesuai dengan rencana dan tepat waktu. Selain itu kamu gak akan merasa terburu-buru melakukannya karena semuanya sudah tersusun rapi. Usahakan susun rencana bepergianmu minimal tiga bulan sebelum hari-H, untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan dan kamu bisa leluasa mulai mengumpulkan dana liburan.

3. Sesuaikan perjalanan wisatamu dengan ketersediaan dana

Travelling gak perlu jauh, yang penting kamu dapat menikmati momen yang menyenangkan. Jika tahun ini kamu hanya mampu berkeliling Asia selama beberapa hari saja, jangan memaksakan diri untuk menjelajahi Eropa selama sebulan penuh. Akan tetapi, jika dana kamu sangat mencukupi untuk tinggal di hotel mewah, gak ada salahnya mencoba kenikmatan itu ketimbang tinggal di mid priced hotel yang kelasnya di bawah 1 jutaan per malam.

4. Ikut Komunitas dapat Membantumu Melakukan Travelling Hemat Biaya

Keuntungan pertama yang akan kamu dapatkan saat bergabung dengan komunitas traveling adalah punya banyak teman karena dalam komunitas ini kamu akan bertemu orang dengan berbagai latar belakang pekerjaan dengan hobi yang sama. Selain itu kamu juga dapat memperoleh informasi up to date tentang tempat pariwisata keren yang low budget jika kamu ikut serta di komunitas open trip. Nah, jika sudah begini maka dana perjalanan wisata kamu dapat lebih irit karena hemat biaya.

Selain itu dengan adanya komunitas open trip, kamu tinggal bawa diri dan siapin dana secukupnya aja, karena semua itinerary, keperluan makan dan lainnya sudah disiapkan oleh penyelenggara event. Tanpa ribet hunting tempat tinggal yang murah, penyelenggara event sudah menyiapkan semuanya. Yang kamu butuhkan hanya sedikit waktu luang untuk browsinginformasi tentang event open trip yang akan digelar dalam kurun waktu terdekat.

5. Sesekali Merasakan Nikmatnya Bekerja, Dinas ke Luar atau Berbisnis Sambil Jalan-Jalan

Setiap orang pasti sudah diatur dengan rejekinya masing-masing. Kalau memang rejeki, kamu bisa kerja sambil jalan-jalan. Sebut aja profesi sebagai pembicara, marketing, auditor, atau wartawan yang pasti akan melakukan perjalanan dinas ke luar kota atau bahkan ke luar negeri untuk tugasnya. Bneberapa perusahaan ada yang punya budaya yang sangat fleksibel dalam urusan perjalanan dinas, ada juga pekerjaan yang seratus persen halal untuk kerja sekaligus jalan.

6. Mulailah Menulis

Kalau kamu hobi menulis cobalah menjadi travel blogger atau travel writer. Kamu bisa bergabung dengan media tertentu atau bekerja secara freelance. Kamu akan dibayar untuk jalan-jalan dan membuat tulisan berdasarkan pengalaman liburan kamu. Ini butuh proses  dan kamu harus bisa menemukan personal branding kamu sendiri dalam menulis sehingga bisa memberi keunikan dan membedakan kamu dari berbagai travel bloggers lain yang sudah ada.

“Mudahnya menjadi Perencana Keuangan Sendiri, Gak Perlu Gelar apalagi Tenar, yang penting Sabar.”

Advertisements

2 Comments

  1. Fanny f nila says:

    Buatku traveling itu udh jd kebutuhan hidup. Makanya uabg gajikupun ,60% nya itu utk budget traveling :). Sisanya uang jajan. Slama ini sih aku srg jauh2 hari kalo bikin planning jalan2 mbak. Utk tiket biasanya kita pesen setahun sebelumnya.. pas lg promo2 :D. Kalo ga gt ntr malah berat diongkos. Dan supaya ttp semangat nabung, aku dan suami suka nempelin list negara2 yg akan kami datangin dlm 5 thn kedepan.. itu beneran bisa naikin semangat supaya makin rajin nabung utk bisa kesana loh..

    1. wow, 60% uang gaji untuk Travelling..itu luar biasa banget Fanny. Boleh dong share pengalamanmu travelling dan tips travelling asyik di sini..colek aku di erlina@cerdaskeuangan.com yah

Comments are closed.

%d bloggers like this: