Kamu Pecinta Jalan-Jalan? Begini 5 Cara Memilih Tempat Penginapan supaya Dompetmu Gak Kebobolan

Berapa banyak uang yang dihabiskan untuk jalan-jalan ? Jika pertanyaan itu dilontarkan tiap orang pasti punya jawaban berbeda. Seorang trainer yang sering keliling kota untuk mengajar mungkin akan menjawab gak sepeserpun mengeluarkan uang pribadi karena semua kebutuhannya saat travel udah dibayarin klien. Ada yang menganggap travelling itu mahal, tapi ada juga yang memasukkan kebutuhan jalan-jalan sebagai kebutuhan yang penting sehingga pasti ada aja dana yang disiapkan buat travelling.

 

Yang jelas, buat kamu yang sudah berencana untuk berlibur, harus mempersiapkan segala sesuatunya agar liburan dan wisata yang kamu lakukan nanti akan selalu terkenang di hati. Jika kamu akan pergi ke luar negeri, banyak sekali hal yang perlu disiapkan. Salah satunya adalah menentukan tempat menginap yang pastinya sesuai dengan budget yang ada.

Menginap di luar negeri saat travel gak semudah dan semurah seperti saat memilih penginapan di negeri sendiri. Jika kamu ingin pergi ke luar negeri dan tetap mencintai cara travel yang hemat,  KoCek punya 5 cara untuk memilih tempat penginapan yang dapat menjaga dompetmu supaya gak kebobolan.

1. Tentukan tanggal

Sebelum menetapkan di mana kamu akan tinggal, sudah seharusnya kamu menentukan waktu dan tanggal check in dan check out. Ini sangatlah penting mengingat waktu menginap dapat menentukan di hotel mana kita dapat memilih untuk tinggal. Sebaiknya hindari memesan penginapan secara dadakan, karena terkadang beberapa hotel sudah tidak bisa dipesan karena sudah fully booked.

2. Pilih tempat sesuai budget

Memilih hotel mewah dengan fasilitas lengkap adalah dambaan semua orang yang ingin travellingnya nyaman, tapi jika gak sesuai dengan kondisi keuangan gak ada salahnya kamu memilih mid priced hotel yang lebih sederhana dan terjangkau.

Photo Credit :  www.wns.com

..Kamu gak mau khan jika pengeluaran yang over budget akan membuat rencana liburanmu jadi terganggu…

Ada kalanya satu keluarga yang meninggalkan rumahnya dan menyewakannya untuk jangka waktu tertentu. Seperti seorang teman yang tinggal di Australia yang selalu membuka rumahnya untuk disewa teman atau kerabat dari Indonesia pada saat dia pulang ke kampung halaman di Indonesia. Penginapan jenis ini akan lebih menghemat ketimbang tinggal di hotel. Tapi dengan catatan kamu harus mengetahui informasi dengan jelas kapan waktu yang tepat kamu dapat meminjam rumahnya untuk ditinggali sementara.

Kamu dapat menghemat 30 hingga 40 persen jika memilih untuk menginap di homestay daripada di hotel. Akan lebih hemat lagi jika makan di penginapan tersebut dan bukan di restoran. Beberapa penginapan ada juga yang menyediakan layanan laundry, jika ada, kamu dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

Jika kamu memilih untuk menginap di guesthouse, kamu dapat mengalokasikan dana untuk makan menjadi keperluan bahan untuk memasak sendiri.

3. Pilih tempat yang terdekat dengan tujuan wisata

Apa sebab? Untuk menjadikan liburanmu lebih praktis dan lebih hemat. Tempat menginap yang dekat dengan lokasi wisata yang ingin dituju akan mempermudah kamu untuk hemat waktu dan pengeluaran dalam biaya transportasi saat berlibur.

4. Cermati fasilitas yang disediakan

Fasilitas yang biasanya disediakan seperti breakfast, airport transfer, laundry, pinjam sepeda gratis, dan lain-lain. Dengan mencermati hal-hal ini maka kamu dapat lebih menghemat biaya untuk keperluan yang sudah menjadi fasilitas penginapan itu.

5. Online Booking untuk harga lebih hemat

Booking tempat menginap secara online sudah pasti lebih mudah dan praktis, kita boleh pesan kapanpun dimanapun. Saat ini, booking penginapan secara online bahkan sudah menjadi tren di kalangan pecinta travel. Kenapa harus pergi ke hotel jika lebih mudah pesan online, ada banyak situs tinggal dipilih mana yang sesuai budget. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, apalagi jika ada promosi online yang semakin memikat hati.

Akan tetapi, kamu harus tetap waspada jika ingin memesan online penginapan, karena tak jarang banyak kendala dan masalah seputar booking online. Perbedaan kamar yang ditawarkan dengan kenyataannya, perbedaan harga menjadi penyebab kurang baiknya pelayanan jasa booking online.

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah membooking tempat tinggal melalui situs booking online yang punya reputasi baik dan terpercaya, ini akan sangat membantumu melakukan pencarian hotel yang dituju dan tak perlu khawatir kehabisan kamar hotel.

“Mudahnya menjadi Perencana Keuangan Sendiri, Gak Perlu Gelar apalagi Tenar, yang penting Sabar.”

Advertisements

2 Comments

  1. Fanny f nila says:

    Sbg org yg rutin traveling, aku jg slalu gunain online booking utk pesen tiket dan akomodasi.. hrg jauh lbh murah drpd book lgs on spot, dan lbh gampang.. memang sih pernh ngalamin jg hotel yg dibooked tau2 renovasi pas hari H, dan ga dikirimin email notifikasi pula. Otomatis kita kelabakan wkt itu mbak. Cuma providet online bookingnya lgs refund uang ku sih, tapi ya itu g bs lgs msk.. jadinya pas kejadian itu, kita tpkasa pesen penginapan yg budgetnya jauuuh lbh murah dr yg pertama :D.

    Tapi tetep kok ga bakal kapok psn dr online booking gini.. malah jd pelajaran, next nya kalo mesen akomodasi mndingan jgn trlalu jauh2 hari.. sebulan ato 2 bulan sblm brngkat aja lbh cocok..

    1. Keren nih pengalaman travellingnya. colek aku di 0888 083 11910 deh kita japrian

Comments are closed.

%d bloggers like this: