Mau Jadi Sarjana Terbaik dan Siap Kerja, ini 5 Keahlian yang Harus Kamu Kuasai

Tugas utama mahasiswa adalah belajar, bener gak? Rajin mencatat pelajaran dengan serius, menyerap semua energi positif dosen dan lulus ujian dengan nilai yang bagus. Gak ada yang salah dengan hal itu. Akan tetapi setelah kamu lulus kuliah dan jadi sarjana nanti kamu juga  perlu banyak keahlian agar dapat menjadi sarjana terbaik dan siap kerja. Ingatlah bahwa sukses seseorang tidak dapat diukur dengan gelar kearjanaan mereka. Butuh banyak hal selain gelar sarjana untuk bisa sukses.

Beberapa pertanyaan penting sekarang adalah : Apa tanggung jawab besarmu atas gelar sarjana yang telah kamu dapatkan? Apakah kamu mampu bersaing di dunia kerja? Bagaimana jika kamu bisa lulus dengan sempurna tapi belum menguasai beberapa kemampuan yang seharusnya bisa kamu dapatkan di luar kampus?

Untuk membantu kamu menjawab sederet pertanyaan tadi, kami akan memberikan 5 hal yang harus kamu kuasai untuk dapat sukses jadi sarjana dan siap kerja. Simak ya !

1. Menguasai Public Speaking

Saat kuliah kamu pernah dapet tugas dan presentasi di depan kelas, tapi mungkin itu hanya beberapa kali aja per semester. Cobalah  berkenalan dan berbicara di depan orang banyak di organisasi yang membuatmu lebih percaya diri, berani bersuara dan membangun critical thingking mu. Cobalah untuk berlatih public speaking. Latihan berbicara depan umum dengan topik yang kamu kuasai. Semakin sering kamu berlatih, maka akan semakin terbiasa kamu berbicara di depan orang banyak, akhirnya kamu dapat menguasai public speaking versi kamu.
Adapun beberapa teknik public speaking yang dapat kita tiru untuk kesuksesan berkarier antara lain :

1. Waktu bicara yang singkat tapi padat
Bicaralah kurang dari 15 menit, karena sulit menyampaikan emosi dari suatu materi atau presentasi yang memakan waktu lama karena orang akan menjadi bosan dan pecah konsentrasinya.

2. Kalimat sederhana
Hindari kata-kata yang rumit atau istilah-istilah yang sulit dimengerti orang awam. Sebaliknya, gunakan kalimat-kalimat yang pendek-pendek, dan kata-kata yang sederhana, serta bergaya percakapan sehari-hari. Ini membuat presentasi kita menjadi lebih mudah dipahami, maknanya bisa tersampaikan, dan siapa pun bisa mengerti isinya bila dibaca dalam bahasa tulisan.

3. Menggunakan contoh pengalaman pribadi
Sebuah presentasi akan terasa mengena jika dibarengi dengan sebuah cerita pribadi. Gaya bahasa seperti bercerita saat berbicara di depan umum adalah cara yang terbaik untuk menyampaikan isi materi karena dapat membuat pendengar merasa terhubung satu sama lain sehingga mampu memahami makna presentasi.

4. Mengulang kata-kata serupa untuk menegaskan
Dengan cara ini, pendengar makin diyakinkan dengan tujuan presentasi. Pada beberapa bagian, gunakan kata-kata yang sama di awal kalimat. Pendengar pun makin memahami maksud dan isi presentasi.

5. Disampaikan dengan penuh penghayatan dan konsentrasi pada isi materi
Pada saat berbicara, tetaplah fokus pada isi presentasi yang disampaikan, jangan berpikir macam-macam, hanya menyampaikan isi materi dengan penuh penghayatan sehingga terasa sangat emosional, penuh gairah sekaligus menyentuh.

2. Mengatur Waktu dengan Baik

Sebagai mahasiswa, pastinya kamu punya jadwal kuliah yang udah diatur sendiri. Diantara jeda waktu antara perkuliahan yang satu dengan yang lainnya biasanya kamu ngapain? Kamu sendiri yang bebas atur waktunya. Ini adalah waktu yang baik untuk mencari teman dan koneksi sebanyak-banyaknya, sembari mencari jati dari. Usahakan waktumu bebas dan fleksibel tapi penuh tanggungjawab.
Mengatur waktu dengan baik adalah kunci utama hidup yang seimbang dan bahagia. Setelah kamu lulus kuliah, banyak hal yang perlu diatur waktunya. Jika gak belajar dari sekarang, kapan kamu dapat menguasai keahlian ini?

Kamu bisa mengatur waktumu dengan baik menggunakan beberapa cara ini :

1. Buat Catatan Kegiatan

Catat apa saja yang akan kamu lakukan tiap 15 menit dalam satu hari, dan lakukan hal ini selama 2 minggu. Kemudian mulai evaluasi dan lihat bagaimana caramu menghabiskan semua waktumu.

2. Chunking Down
Tetapkan prioritas kegiatan jika kamu ingin mengelola waktumu dengan baik. Bagaimana caranya? Dengan membagi kegiatanmu menjadi 3 : mendesak, penting dan tidak penting.Setelah itu, gunakan pembagian kegiatan tersebut sebagai panduan untuk beraktivitas. Fokuskan pada hal-hal yang penting saja.
3. Jangan Menunda
Kebiasaan untuk menunda adalah kebiasaan buruk yang harus kamu hilangkan. Karena selain tidak produktif, kebiasaan ini akan membuat hari-harimu berantakan dan mencegahmu untuk sukses dalam segala hal.
4. Jauhkan Semua Hal yang Mengganggu
Jauhkan ponsel, berhenti membuka e-mail, Twitter, Facebook, atau tautan-tautan yang nyasar ke desktopmu saat kamu sedang melakukan kegiatan penting. Ini secara tidak sadar menghabiskan waktumu. Menjauh dari semua hal yang mengganggu sangat penting untuk membuatmu tetep fokus saat harus melakukan kegiatan.

3. Pintar Mengatur Keuangan

Mengelola keuangan pribadi sampai dapat menjadi pribadi yang bebas finansial adalah pintu gerbang menuju kemandirian. Karena selepas kuliah kamu tidak harus lagi berpangku tangan dan mengandalkan uang orangtua untuk bertahan hidup. Sering-sering baca artikel di sini membuatmu lebih cerdas keuangan, karena menjadi perencana keuangan sendiri itu sangatlah mudah. Gak perlu gelar atau tenar yang penting sabar.

4. Menguasai Banyak Bahasa Asing

Setiap orang wajib go global jika ingin berkembang. Menguasai banyak bahasa asing artinya kamu dapat berkomunikasi dengan lebih banyak orang di belahan dunia manapun sehingga wawasan dan informasi kamu lebih terbuka. Ini adalah modal besar untuk melangkah di dunia yang semakin maju. Dengan menguasai banyak bahasa asing, kamu dapat meningkatkan pemahaman secara global, meningkatkan potensi kerja, menunjang karier dan meningkatkan value. Bahasa asing yang perlu kamu kuasai antara lain : Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Cina, Bahasa Korea, Bahasa Jepang dan Bahasa Jerman.
Kamu dapat belajar bahasa inggris secara online melalui situs web gratis British Council untuk pelajar dewasa. Situs ini berisi ratusan halaman audio, teks, konten video, dan lebih dari 2.000 latihan interaktif. Anda bisa menjadi anggota dan berkontribusi terhadap situs, berinteraksi dengan pengguna lain, dan mengunduh sumber daya gratis. Untuk bahasa jerman, kamu bisa bersama-sama belajar bahasa Jerman secara Cuma-cuma. Cari materi belajar berdasarkan tingkat kesulitan dan tema, lalu tambahkan ke daftar belajarmu. Di Forum ini, kamu dapat memperoleh tips belajar dan bertukar pengalaman dengan pengguna lain.

5. Membangun Networking Sedini Mungkin

Karena membangun relasi yang baik dengan orang lain adalah satu kunci sukses. IP tinggi gak menjamin kesuksesan kamu, jika kamu gak mampu membangun networking yang mendukung kariermu.

5-unusual-job-networking-strategies-that-work
Photo Credit : gregorybknapp.com

 

Dengan membangun networking sedini mungkin, kamu dapat lebih cepat meraih cita-cita.

Networking ibarat dinamo yang bisa mempercepat langkahmu menggapai keberhasilan .

Selain itu, networking juga membantu meningkatkan pendapatan dan pencapaian karier dan kekuatan networking sangat berpengaruh pada keberhasilan yang dicapai saat ini.

Banyak orang menggunakan jaringan pertemanan untuk membangun usaha, menjaring lebih banyak pelanggan, bahkan ada juga yang digunakan untuk melobi saat ada masalah.

Jadi tunggu apalagi..

“Mudahnya jadi Perencana Keuangan Sendiri. Gak Perlu Gelar apalagi Tenar, yang Penting Sabar.”

Advertisements
%d bloggers like this: