Review #AskBNI .. sesuatu yang membuat kita Mau Bertanya Sukses di Kehidupan

Ada yang pernah tersesat? Saya Pernah.

Begini Pengalamanku Tersesat di Gunung Mas, Cisarua, Bogor

Saat itu usiaku masih 13 tahun, aku masih duduk di kelas 6 SD. Kami sekeluarga, Ayah, Ibu,  Aku dan Kakakku mengikuti acara jalan santai keluarga di kebun teh. Awalnya aku sangat menikmati suasana kebun teh di pagi hari dengan semilir udaranya yang sejuk penuh oksigen bersih, hijaunya daun teh yang membuat hatiku tenang dan nyaman. Kami berempat berjalan menyusuri alur jalan setapak yang memang sudah terbentuk secara alami diantara hijaunya pepohonan teh.

puncak bogor
Photo Credit : Keindahanalam.science

Entah bagaimana, pada saat menyembrang kali kecil, aku ketinggalan rombongan, ayah, ibu dan kakak gak ada di dekat aku. Aku kebingungan, aku cari kesana kemari gak ketemu juga. Mau nanya sama orang, malu…akhirnya aku tersesat, aku nangis, aku bingung mesti kemana, untuk kembali ke tempat awal kami jalan gak mungkin karena memang sudah terlalu jauh, kakiku letih.

Pada satu tanah terbuka akhirnya aku berhenti berjalan, aku kelelahan.  Aku duduk dan menangis. Saat itu belum ada HandPhone dan kalaupun ada, pasti aku belum bisa menggunakannya. Sejenak aku teringat pesan ayah “ Kalau kamu suatu saat tersesat sendirian, jangan panik..teriak aja yang kenceng!” AHA ! Aku harus teriak nih, mau gak mau aku teriak sekuat tenaga, sambil nangis tentunya. Aku berteriak memanggil ayah, ibu, kakak berulang-ulang sampai suaraku serak..

Akhirnya ada seorang ibu, sepertinya petani teh yang jalan menuju ke arahku, entah darimana datangnya.  “Aya naon?  Katanya…duh, aku gak ngerti dia ngomong apa..Aku teriak lagi..”Ayaaaaah, Ibuuuuu, Kakaaaaak…”  Stop..stop..kata ibu tadi..kuping saya teh sakit..Kamu tersesat ? aku mengangguk..Kenapa tidak bertanya ? kata ibu tadi, Aku malu, jawabku..lain kali harus mau bertanya yah, supaya gak sesat di jalan…pesannya kepadaku. Aku dibawa ke rumahnya, disuguhkan teh panas manis dan pisang goreng anget..nikmat. Selesai makan, aku diantar ke rumah pak RW dan disanalah aku bertemu ayah. Aku kembali menangis.

Pesan Ayahku “Sering-seringlah menyapa, dan jangan malu bertanya. Malu Bertanya Sesat di Jalan, Mau Bertanya Sukses di Kehidupan”

Pesan ayahku setelah kejadian ini supaya aku lebih sering menyapa orang, bertanya sesuatu kepada orang lain supaya kebiasaan malu aku gak terlalu menyulitkan aku nantinya. Malu bertanya, sesat di jalan..mau bertanya gak akan sesat di jalan, begitu pesan ayahku.

Pepatah lama ini sangatlah berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di jaman sekarang. Pepatah ini gak hanya harus diterapkan dalam pergaulan, tapi juga di dalam setiap tindakan. Bertanya sebenarnya bukanlah hal yang luar biasa, dan bukanlah hal yang sulit. Tapi terkadang kita belum terbiasa bertanya, mungkin ada perasaan tersendiri yang menganggap jika kita bertanya kita akan malu karena dianggap gak ngerti. Terkadang kita merasa sudah paham, padahal sebenarnya belum terlalu paham. Terkadang juga kita segan bertanya karena merasa bahwa pertanyaan kita bukanlah hal yang penting untuk ditanyakan.

Apa yang terjadi pada saat seseorang malu bertanya?

Apa yang terjadi pada saat seseorang malu bertanya? Aku, tersesat di kebun teh. Bagaimana dengan orang lain di pelosok dunia ? Pernah baca kisah seorang bule yang tersesat di Bali karena gak bertanya dan menemukan hotel berhantu ? Atau cerita tentang  jemaah haji yang tersesat dan hanya punya uang 800 perak ? Bahkan ada seorang wanita yang tiga hari tersesat, dan akhirnya sampai melahirkan anaknya sendirian di hutan..

Woman-wants-to-ask

Malu bertanya memang akan sesat di jalan, dan mau bertanya dijamin gak akan sesat di jalan

Malu bertanya memang akan sesat di jalan, dan mau bertanya dijamin gak akan sesat di jalan. Jadi jangan malu-malu, biasakanlah bertanya. Karena sebenarnya, bertanya itu adalah hal penting yang harus kita lakukan saat kita kurang yakin dengan sesuatu. Kerugian akan muncul pada saat kita enggan bertanya, bisa jadi hal yang akan kita lakukan jadi salah, bisa jadi waktu yang kita pakai jadi lebih banyak, bisa jadi biaya yang kita keluarkan jadi lebih mahal.

Bicara mengenai biaya, pasti setiap bulannya kita mengeluarkan biaya-biaya rutin. Diantara biaya rutin tersebut, ada juga yang terkait dengan transaksi di Bank. Nah, sama halnya dengan hal rutin yang lain, jika ingin transaksi di bank kita harus rajin bertanya. Gak pake malu gak pake sungkan, hukumnya wajib. Karena apa, karena menyangkut uang.

Bank kesayangan saya sejak saya kuliah di FISIP UI tahun 1997 adalah Bank BNI 46. Kenapa saya bilang kalo saya sayang banget sama BNI 46? Tak Kenal Maka Tak Sayang, dari jaman kuliah sampe punya anak 2 saya selalu menikmati pelayanan yang baik dari BNI 46. Saya tinggal di Jakarta Selatan, Cilandak tepatnya, jadi BNI 46 cabang Fatmawati adalah Bank pilihan saya. Karyawannya juga selalu ramah dan bersahabat, dari mulai satpam sampai kepala cabang semuanya melakukan pelayanan terbaik.

Bukti bahwa BNI 46 adalah bagian dari kehidupan saya adalah semua keperluan perbankan saya serahkan kepada BNI 46. Mulai dari Rekening Pribadi, Rekening anak-anak sampai Kartu Kredit Suami. Semuanya made in BNI 46 ya..hehe

bni

bni kaka

Oke, kembali ke program BNI 46 #AskBNI

#AskBNI adalah sebuah program dari BNI 46 yang bermaksud untuk menumbuhkan kesadaran bertanya. Fitur dengan hashtag #AskBNI ini tersedia di media sosial twitter yang memungkinkan kamu mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya tentang layanan BNI 46 melalui Direct Message di Twitter. Fitur #AskBNI dipersembahkan untuk kemudahan para nasabah setia BNI 46. Untuk mendapatkan fitur #AskBNI ini kamu hanya perlu follow akun twitter @BNI46 dan dapatkan Direct Message dari @BNI46. Selanjutnya kamu dapat bertanya apapun terkait dengan produk, layanan dan promo terkini dari BNI 46.

ask bni 3

Sebagai awal, aku mencoba kirim DM ke @BNI46, dengan mengetik : #AskBNI  dan ternyata langsung di reply  DM dari @BNI46 tentang cara penggunaan #AskBNI

BP_askBNI

Nah, jika kamu tertarik fitur ini maka cara penggunaannya adalah Follow Twitter @BNI46 kemudian Kirim DM, ketik #AskBNI #[Keyword]. Sebagai contoh, jika kamu ingin mendapatkan informasi tentang produk BNI Taplus, maka kamu tinggal ketik #AskBNI #Taplus. Atau yang kamu butuhkan adalah informasi tentang produk BNI Debit Card, ketik aja #AskBNI #DebitCard. Bahkan jika kamu ingin mengetahui  informasi tentang semua keyword, kamu tinggal mengetik #AskBNI, ketik #HelpBNI. Mudah khan ?

Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan #AskBNI

Coba deh fitur Direct Message untuk mengetahui Informasi Promo, maka selanjutnya akan keluar beragam informasi  promo apa aja yang ada di BNI 46. Ada Promo #Hotel, Promo #Travel, Promo #eCommerce, atau kamu dapat mencoba #AskBNI #Taplus, #AskBNI #TaplusBisnis, #AskBNI #DebitCardpromo. Selagi gratis cobain aja, dijamin kamu jadi ketagihan. (ERL)

Advertisements