Ini Dia Pilihan Investasi yang Langsung bisa Menghasilkan Untung

Pertanyaan yang sangat mengganggu saya kemarin, pas jadi Trainer di acara School of Innovations of StudentsxCeo adalah pertanyaan seorang mahasiswa  : Bu, Gimana sih cara memilih investasi yang cocok untuk kita? Kenapa ganggu? Karena menurut saya, di usia mereka yang sudah dewasa seharusnya gak bertanya tentang cara memilih investasi lagi, melainkan hasil investasi atau bahkan portofolionya.

Oke baik, inilah kenyataannya..beberapa millenials mungkin belum terfikir untuk berinvestasi tapi itulah tantangan bagi saya dan teman-teman perencana keuangan untuk bisa membuat anak-anak seusia mereka mulai mikirin investasi.

Lanjut ya..Pertanyaan kedua : Apa aja sih Pilihan Investasi yang Langsung bisa Menghasilkan Untung ? Nah ini, pertanyaan yang sangat menantang untuk saya jawab melalui tulisan … haha..

Persiapan Sebelum Memutuskan untuk Berinvestasi

Melakukan Financial Check Up dengan Jujur

Sebaiknya, sebelum seseorang memutuskan untuk melakukan investasi, lakukanlah financial check up terlebih dahulu.  Kamu bisa melakukannya dengan mudah di sini. Kenapa financial check up, bukan yang lain? Ini adalah langkah awal dalam menentukan strategi keuangan selanjutnya sampai nanti kamu dapat membangun pondasi keuangan yang ujung-ujungnya agar  investasi yang kamu lakukan lebih terarah dan terlindungi dari gangguan luar dan diri sendiri.

annual-financial-checkup-1024x536
Photo Credit : doughroller.net

Jika saat ini kamu sudah membuka kalkulator cerdas maka Financial Check Up itu sendiri terdiri dari 5 hal :

  1. Melengkapi Informasi tentang Identitas kamu
  2. Mengisi jumlah total kekayaan bersih
  3. Mengisi jumlah kewajiban atau utang
  4. Melengkapi kolom isian pada cashflow atau arus kas
  5. Mengisi jumlah total pengeluaran.

Semua itu penting untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti : apakah kondisi keuangan kamu sudah sehat? apakah cashflow bulanan kamu sudah menghasilkan surplus? apakah kamu sudah menyiapkan dana darurat sesuai dengan kebutuhanmu?, atau apakah kamu sudah mengurangi hutang konsumtif dan menyiapkan proteksi?.

Menetapkan tujuan dan alasan berinvestasi

Jika kamu punya permintaan dan seseorang ingin mengabulkan permintaan, bagaimanakah kamu mendeskripsikannya? Kalau saya jadi kamu, saya akan membuatnya seterang-benderang mungkin. Begitu juga tujuan investasi, yang paling ideal adalah yang paling spesifik, detail dan jelas harga serta jangka waktunya.

Misalnya begini, Leon membutuhkan dana untuk menikah. Maka untuk membuat tujuan investasi Leon menjadi semakin terang benderang adalah dengan mengatakan bahwa Leon butuh dana menikah sebesar 500juta dengan jangka waktu investasi selama 5 tahun dari sekarang (2016). Tujuan yang jelas akan memudahkan Leon untuk merealisasikannya, dan alasan yang tepat dapat membuat Leon lebih termotivasi dalam melakukan investasi.

Berkenalan dengan si Profil Risiko

Jika kamu mencari investasi yang nyaman dan dapat membuat tidurmu semakin nyenyak tanpa memikirkan untung atau buntung, kamu harus berkenalan dengan si profil risiko. Nah, disini berlaku prinsip “tak kenal maka tak sayang.” Jadi sebaiknya kamu memilih investasi di instrumen yang sudah kamu pahami dengan baik mekanismenya ( baik keuntungan maupun resikonya). Jadi jangan tunda lagi, segera cari tau profil risikomu di sini gratis.

Ragam Pilihan Investasi yang Langsung bisa Menghasilkan Untung

Macam-macam investasi bisa berwujud dalam berbagai bentuk dan skema investasi. Kamu perlu mempelajari dengan lebih kritis bentuk atau skema investasi yang ditawarkan. Jangan sampai terjebak pada investasi bodong yang tidak jelas arahnya ataupun money game yang hanya akan merugikan banyak pihak.

Setiap investasi punya untung rugi, istilahnya adalah peluang keuntungan yang berbanding lurus dengan resiko, atau ” high risk expected high return”, namun resiko bisa kita kendalikan dengan berbagai macam cara, misalnya saja memperbanyak jenis investasi dalam satu keranjang atau disebut juga diversifikasi portofolio aset investasi. Maksudnya begini, kamu mencoba mengurangi resiko dengan memecah aset investasi. Ragam pilihan investasi  yang dapat kamu manfaatkan antara lain : menggunakan instrumen Logam Mulia, reksadana, obligasi, saham, properti, ataupun bisnis.

Investasi pada Emas Logam Mulia

Ini adalah jenis investasi yang sudah dimengerti atau mudah dipahami mekanismenya usahakan kamu membeli pada harga yang lebih rendah kemudian bisa menjualnya pada harga yang lebih tinggi dari harga beli. Namun perlu disadari ada resiko penyimpanan bila membeli dalam bentuk fisik Logam Mulia (LM).

getty-lm
Photo Credit : media.gettyimages.com

Emas atau logam mulia mempunyai karakter hedging ataupun menyimpan nilai dari kekayaan yang kita miliki. Jika keadaan perekonomian sedang kurang bagus maka biasanya harga emas cenderung akan naik dikarenakan orang-orang akan lebih suka menyimpan kekayaannya dalam bentuk emas agar tidak tegerus inflasi.

Data Harga Emas dan kenaikannya selama 10 tahun

Tanggal Harga per troy ounce kenaikan per tahun
17-Des-12 USD 1701.5 6.40%
16-Des-11 USD 1599.2 16.31%
16-Des-10 USD 1375 21.57%
16-Des-09 USD 1131 32.58%
16-Des-08 USD 853.1 7.28%
16-Des-07 USD 795.2 28.94%
17-Des-06 USD 616.7 22.12%
16-Des-05 USD 505 14.41%
17-Des-04 USD 441.4 7.48%
17-Des-03 USD 410.7

Sumber : http://www.kitco.com

1 troy ounce = 31.1034768 grams

Saat ini ada jenis investasi emas dengan sistem mencicil emas Logam Mulia secara online. Membeli emas secara menabung amatlah mudah. Sebelum memulai, sebaiknya kamu cari tahu dulu kredibilitas dari perusahaan tempat kita membuka account.Kamu yang memang ingin dapat kemudahan dari sistem menabung emas online bisa langsung ke sini sebuah perusahaan perdagangan emas di Indonesia yang memberikan kemudahanan bagi nasabahnya dalam melakukan transaksi emas dengan menggunakan voucher emas, baik dalam bentuk voucher fisik maupun elektrik. Nah, kamu dapat menikmati berbagai kemudahan dalam menabung emas dengan berbagai pilihan cara menabung. Dengan adanya kemudahan untuk berinvestasi dalam bentuk Logam Mulia, mestinya membuat kamu tidak punya alasan untuk menunda berinvestasi.

Dengan mencicil, berarti kita bisa membeli emas sesuai dengan uang yang kita miliki, karena uang yang kita setor akan dikonversi kedalam satuan gram emas yang diakumulasi dan bisa dicetak ( di ambil secara fisik) tentunya dengan ongkos cetak sesuai tarif yang ditentukan. Jadi ketika kamu punya kelebihan uang belanja, jangan malah dihabiskan untuk belanja lagi, tapi coba diinvestasikan lewat mencicil Logam Mulia di tempat yang terpercaya.

Investasi Reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi yang paling murah, hemat waktu dan tenaga dengan pilihan yang sangat beragam. Ini adalah sebuah wadah untuk menghimpun dana masyarakat investor untuk dikelola oleh manajer investasi dalam bentuk portofolio efek : saham, obligasi dan pasar uang yang dananya disimpan dalam bank kustodian.

cara-investasi-reksadana-5-520x245
Photo Credit : pinjam.id

Beberapa alasan yang menyebabkan seorang investor memilih reksadana sebagai alternatif investasi, yakni :

1. Memiliki Reksadana dapat diwujudkan, walaupun hanya dengan Rp. 250 ribu saja karena saat ini membeli Reksadana dapat dilakukan secara ritel.

2. Dalam Reksadana, sudah ada komposisi portofolio investasi yang sangat diversified. Risiko dalam Reksadana tersebar ke dalam beberapa instrumen investasi sehingga lebih meminimalisasi risiko.

3. Reksadana mempunyai banyak sekali jenis dari berbagai macam manajer investasi. Jika ingin melihat data lengkapnya ada di : http://www.bapepam.go.id/Reksadana

4. Pengelolaan Reksadana dilakukan oleh Manajer Investasi yang sudah ahli di bidangnya.

5. Jika Dikelola dengan baik dan dalam jangka waktu yang tepat, Reksadana sangat menjanjikan hasil yang optimal.

6. Likuiditas Reksadana sangat tinggi.

7. Setiap jenis Reksadana dapat disesuaikan untuk berbagai tujuan keuangan.

Untuk mengenal macam-macam reksadana yang mana yang sesuai dengan tujuan keuangan kita silahkan klik di sini.

Lalu bagaimana cara memilih reksadana yang baik dan bagaimana melihat kinerja sebuah reksadana?

Melihat kinerja reksadana sebaiknya tidak hanya dalam waktu 1 atau 2 tahun tapi minimal 5 tahun. Jika kinerja reksadana selama 5 tahun terakhir bagus dan juga ketika krisis (contoh: krisis pada tahun 2008) kerugian kecil, berarti Fund Manager nya oke. Kinerja sebuah reksadana bisa dibilang bagus jika : prosentase kenaikannya di atas % kenaikan IHSG dan reksadana sejenis. Kinerja reksadana bisa dilihat di http://www.infovesta.com, koran Kontan, Bisnis Indonesia, dan lainnya.

Untuk urusan prospektus reksadana, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah perhatikan Portofolio reksadana tersebut saham/obligasi/instrumen pasar uang apa saja yang ada didalamnya. Setelah melihat isi portofolio reksadana tersebut, perhatikan bobot masing-masing isinya. Perhatikan Pandangan manajer investasi reksadana ke depan tentang makro, serta trend industri dari saham dalam portofolio. Perhatikan prestasi masa lalu relatif terhadap reksadana sejenis dan IHSG.

Dalam memilih reksadana, perhatikan biaya transaksi yang meliputi management fee, sales fee, dan redemption fees. Selain itu juga perhatikan kinerja dari Manajer Investasinya selama beberapa tahun terakhir. Perhatikan juga sektor yang sedang bergerak saat itu. Pilih reksadana yang produknya sesuai dengan tujuan investasi kita. Seperti yang kita ketahui, ada beberapa jenis reksadana. dan masing-masing jenis reksadana tersebut memiliki cara kerja yang berbeda.

Investasi pada Obligasi

Saat ini, investasi obligasi masih lebih menarik dibandingkan dengan investasi lain, terutama deposito. Sebab, obligasi korporasi dengan kupon bunga antara 8-10 persen lebih menarik. Sebab, bunga deposito perbankan rata-rata menawarkan bunga lebih kecil antara 4-5 persen. Untuk itu, calon investor obligasi perlu melihat beberapa komponen yang perlu dipertimbangkan supaya para investor pemula tidak terjebak dengan investasi yang merugikan dirinya.

10-th-ori_0
Photo Credit : kemenkeu.go.id

Kamu yang masih penasaran dengan ORI silahkan baca di sini.

Bagi investor pemula, yang perlu dilihat adalah rating obligasi itu. Semakin tinggi rating, akan semakin bagus obligasi itu. Selain itu, yang perlu diperhatikan juga seberapa besar kupon yang ditawarkan oleh perusahaan penerbit obligasi. Semakin besar kupon bunga, makin menarik karena akan memberikan keuntungan yang besar juga.

Investasi Saham

Percaya Gak kalo investasi saham bisa untung 1000%? Baca di sini dulu kalo belum percaya.

Seperti halnya Obligasi, saham juga bisa memberikan keuntungan capital gain dan cash flow, namun agar bisa mendapat keuntungan cash flow kita harus tetap memegang saham sampai adanya pembagian deviden atau keuntungan perusahaan atas per lembar saham. Saat ini mekanisme jual beli saham sudah bisa dilakukan secara online sehingga memungkinkan kamu untuk ikut trading dalam saham.

Jika kamu berencana beli saham IPO, baca di sini. Sebelum menceburkan diri, perlu dipahami seluk beluknya, karena jika tidak maka bisa dipastikan artinya kamu sedang menjerumuskan diri kepada kerugian. Perbanyak wawasan dengan membaca buku tentang saham, kursus trading, pratek-an teori yang didapat dengan akun demo dari perusahaan sekuritas dan mulai dari dana kecil terlebih dahulu sampai kamu benar-benar paham mekanisme dan mampu menguasai psikologis tradingmu.

Investasi Properti

Properti dapat memberikan dua keuntungan sekaligus yaitu keuntungan atas kenaikan harga properti (capital gain) dan juga pendapatan reguler jika disewakan ( cash flow), namun untuk berinvestasi di properti diperlukan dana yang relatif cukup banyak, belum lagi biaya atas pengalihan properti seperti pajak jual-beli, komisi agen properti, akte notaris, biaya sertifikat dan biaya pengukuran lokasi jika diinginkan.

118
Photo Credit : kiplinger.com

Ketika akan memulai berinvestasi di properti, perlu diperhatikan biaya lain yang muncul atas kepemilikan properti tersebut, misalnya biaya pemeliharaan, PBB, ataupun biaya sekedar untuk menengok properti yang dimiliki. Untuk menilai kelayakan sebuah properti untuk dijadikan investasi, bukanlah hal yang mudah. Ada faktor lokasi, tingkat hunian, fasilitas, rencana pengembangan area dan lain-lain yang perlu diketahui sebelumnya.

Advertisements