5 Cara Cerdas Belanja Online Supaya dapet Untung Maksimal

Di zaman serba modern seperti sekarang, tren berbelanja masyarakat telah berubah drastis. Jika dulu banyak orang yang memilih berbelanja di mal maupun pasar, kini dengan menjamurnya toko online, transaksi jual beli semakin mudah. Yang harus dilakukan pembeli adalah memilih barang di etalase toko online, melakukan pembayaran, lalu nantinya barang akan dikirim ke alamat pembeli.

Onliners atau konsumen belanja online saat ini dituntut untuk lebih cerdas menyikapi tawaran diskon yang digelar toko-toko online. Saat ini keamanan berbelanja di internet jadi tanggung jawab bersama antara onliners dan penjual online. Contohnya saja event harbolnas atau hari belanja online nasional yang diadakan setiap tahun, ini bukan saja menuntut sikap cerdas onliners tapi juga logika dan tanggung jawab. Kita gak mau khan yang tadiny amengharapkan untung malahan jadi buntung karena kita gak cerdas belanja. Berikut ini beberapa tips mengenai cara cerdas belanja online supaya dapet untung maksimal

  1. Sebaik mungkin kenalan dulu sama toko online yang akan kamu belanjain.

Berhati-hati memilih toko online yang diskonnya gede banget karena pada transaksi online yang terjadi gak perlu berhadapan langsung antara penjual dan pembeli. Jika perlu, kamu coba kroscek dulu, telepon customer service mereka.. bener gak diskon yang ditawarkan ?

harbolnas-2016-toko-online-siap-perang-promo-menarik-w2a
Harbolnas via cdn.sindonews.net

Pengalaman pada harbolnas tahun lalu, ditemukan ada beberapa toko online yang ngasih diskon abal-abal. Kamu gak mau khan kena efeknya dan jadi rugi gara-gara hal itu? Cobalah berkenalan dengan baik lebih dahulu, mulai latar belakang hingga rekam jejak pengoperasiannya. Sebaiknya carilah situs yang bonafit, belanja aja dulu, kalau ganti pikiran atau akhirnya menemukan deal lebih bagus lagi di tempat lain, its oke. Jadi teliti sebelum membeli ya, Harbolnas bukan hanya pesta untuk banyak diskon, tetapi lebih penting lagi menguji konsumen untuk lebih jeli, hati-hati, dan teliti.

2. Teliti memilih barang yang akan dibeli, yakinkan dulu apakah foto barang yang dijual sama persis dengan barang yang akan sampai ke tanganmu.

Salah satu kelemahan sistem online adalah si calon pembeli nggak bisa melihat barang secara langsung. Dampaknya, terkadang barang yang ada di foto gak sesuai dengan aslinya. Liat aja baju penganti yang dijual di toko online ini…keliatan bagus banget di internet, tapi pas terima baju aslinya..seperti ini.

gaun-pengantin-di-toko-online
Baju pengantin via cdn.tstatic.net

Tentu kamu bakal kecewa berat jika sudah membeli dengan harga mahal, namun kualitas maupun ukurannya tidak cocok dengan foto yang dipajang. Ada beberapa foto baju yang tampak oke banget di internet, tapi aslinya bikin nyesek, jadi realita nggak sesuai dengan kenyataan.

3. Coba atur intensitas belanja kamu, ini dilakukan supaya kamu tetap punya uang walau belum saatnya gajian.

Memilih belanja online di awal bulan oke-oke ajasih, namun, ini sering membuat kamu kehabisan cash di awal bulan ya gak? Belum sampai pertengahan bulan uang udah habis aja gak tahu ke mana.

calendar-featured1
Atur intensitas belanja via http://www.iths.org

Nah, salah satu cara agar kamu masih tetap bisa punya uang sisa di akhir bulan adalah dengan mengatur intensitas belanja. Coba deh atur agar kamu belanja setiap dua minggu sekali aja atau kalo masih terasa kurang, coba belanja tiga kali sebulan. Seandainya pendapatan kamu sebulan Rp. 5.000.000 dan jatah belanja bulanan kamu Rp. 600.000 misalnya, maka kamu dapat berbelanja sebesar Rp. 300.000 sebanyak dua kali dalam satu bulan, atau belanja sebesar Rp. 200.000 sebanyak 3 kali dalam satu bulan. Jadi, biarpun udah akhir bulan kamu gak lagi harus khawatir dengan isi dompet yang menipis.

4. Coba lebih cermat menggunakan kartu kredit saat belanja online.

Menggesek kartu kredit setiap belanja online memunculkan rasa punya uang di otak dan kamu jadi lebih impulsif dalam belanja. Sebisa mungkin, batasi penggunaan kartu kredit hanya untuk belanja barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan dan gunakan hanya pada saat diskon. Setelah itu jangan lupa untuk membayar keseluruhan tagihan, bukan batas minimal tagihan yang harus dibayar. Ini untuk menghindari bunga kartu kredit yang lumayan besar.

5. Biasakan menyimpan struk belanja lalu masukkan ke spread sheet anggaran. Cek dulu spread sheet ini sebelum belanja di akhir bulan

Seberapa sering kamu menyimpan struk belanja? Sering dianggap sebagai kebiasaan remeh, mencatat baik-baik setiap struk pengeluaran dan struk belanja jarang kita lakukan. Padahal dari sini keamanan keuangan bisa kita dapatkan. Mulai sekarang biasakan kebiasaan baru ini, simpan struk belanja – masukkan semua pengeluaranmu dalam 1 spread sheet- cek dulu spread sheet ini sebelum belanja di akhir bulan. Hal ini tak hanya berlaku untuk kegiatan belanja offline kamu saja, akan tetapi juga berlaku bagi kamu yang punya hobi belanja online. Cara sederhana ini membuatmu benar-benar tahu berapa uang yang masih kamu punya. Hal ini juga bisa membantumu membandingkan pengeluaran tiap bulannya.

Dari 5 cara ini mana yang mau kamu coba? Belanja online dengan cerdas gak akan menyulitkan kamu di kemudian hari kalau kamu tahu caranya khan?

(ERL)

Advertisements