Fokus pada Tujuan Keuangan

​Oleh : Rizka Arfilia (Women in Tech)

Berikut tulisan Mba Rizka Arfilia tentang Personal Financial Story nya yang mungkin sebagian besar orang belum pernah tahu.

Semoga menginspirasi teman2 lain untuk lebih Cerdas Keuangan  ❤️

Saya sebenarnya bingung mau cerita yang mana, karena secara keuangan saya rasa saya tidak terlalu pintar mengelola uang 😁.

Tapi yang saya ingat adalah pada waktu tahun 2000 gaji pada saat itu masih sangat kecil dan tidak memungkinkan memiliki rumah, saat itu yang saya lakukan adalah fokus pada keinginan saya.

Berbagai hal saya lakukan, diantaranya mencari lokasi yang baik tetapi hanya lahan tanah sehingga bisa menjadi rumah tumbuh, menabung (yg pasti terasa tidak cukup cukup).

Rekening tabungan saya buat terpisah untuk emergency, berwisata (yang ini jelas 0 pada saat itu hehehe) dan tabungan untuk rumah,  juga menaruh uang di berbagai investasi keuangan, berjualan batik cirebon dengan mendatangkannya langsung dari cirebon, bekerja lebih keras, agar dapat bonus dikantor dan yang pasti berhemat.

Singkat cerita alhamdullilah saya bisa memiliki rumah 1 lantai dengan luas tanah 200m dan bangunan 1 lantai dengan luas 180m dan tahun 2007 menjadi bangunan 2 lantai dengan luas bangunan 362m, itupun dengan usaha membeli material bangunan sendiri, tukang sendiri dan arsitek yang sangat koperatif.

Advertisements