Hal Sepele yang Bikin Boros

Tunda dulu keinginan membeli TV plasma, iPhone 6, atau berlibur ke luar negeri. Hiduplah lebih sederhana untuk sementara waktu sampai utang Anda lunas.

Pemborosan tidak hanya datang dari godaan tas baru ataupun make up. Di kehidupan sehari-hari secara tidak sadar kita sering buang-buang uang percuma. Kenali hal-hal kecil yang berpotensi menguras kantong secara siluman:

Telat Bayar Tagihan

Nah ini dia! Kesannya sepele tapi dendanya lumayan banyak, terutama kartu kredit. Usahakan tepat membayar tagihan telpon, listrik, internet juga kartu kredit. Manfaat tekhnologi pengingat di ponsel untuk membantu. Jika tengat telah dekat tagihan belum datang hubungi segera perusahaan yang bersangkutan.

Makan di Luar

Pemborosan ini sering dilakukan kita yang bekerja. Bukan artinya tidak boleh ‘bergaul’ sepulang kerja namun buatlah batasan. Berikan jatah ngopi dan makan di luar tiap bulan, jika sudah habis mungkin saatnya membawa makan dari rumah untuk makan siang. Atau kumpul di rumah ditemani cemilan dan makanan buatan sendiri.

Biaya ATM

Tak jarang kita dipaksa membayar biaya ATM karena terpaksa tarik tunai di ATM bank lain. Sesekali memang tak ada salahnya, tapi jangan dibiasakan. Carilah bank yang bisa memberikan gratis tarik tunai di beragam jenis ATM sehingga kita tidak ada pengeluaran ekstra.

Pembelian Impulsif

Diskon dan promosi kartu kredit buy one get one free misalnya membuat kita tiba-tiba membeli barang yang tidak perlu. Memang, tapi apakah kita benar-benar memakainya? Kalau kita bisa membayangkan memakainya sampai dua kali mungkin boleh dipertimbangkan. Jika tidak, benda itu akan menjadi fosil di lemari.

Kendaraan untuk Jarak Dekat

Karena malas untuk ke supermarket dekat rumah kita harus memakai mobil atau motor. Padahalmemakai sepeda atau jalan kaki kita bisa menghemat bensin dan olahraga sekaligus. Gunakan kendaraan hanya untuk jarak yang tidak bisa dicapai dengan kaki. Selain hemat, kita membantu mengurangi polusi akibat asap kendaraan.

Pemborosan Alat Listrik

Matikan peralatan listrik atau lampu ketika sedang tidak digunakan. Ini terdengar sepele, tapi baru akan terasa saat kita membayar tagihan listrik. Tidak usah menyalakan pendingin ruangan saat tak berada dalam ruangan tersebut. Matikan lampu halaman segera saat matahari mulai bersinar. Penghematan penggunaan listrik ini, selain ramah lingkungan juga ramah dompet.

(Sumber: https://pinjamkan-uang.artawana.com/

Advertisements